Pemerintah Beri Berbagai Kemudahan untuk Jadi Wirausaha

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan Banyak sekali aplikasi digital yang bisa membantu memudahkan orang memulai bisnis.

Jakarta, Owntalk.co.id – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan bahwa Indonesia Digital MeetUp 2023 (IDM) mengusung tema Festival Wirausaha Mudah, menawarkan kemudahan berwirausaha melalui aplikasi digital yang telah berkembang pesat.

Menurut keterangan resmi pada Jumat (6/10/2023), Menteri Teten mengungkapkan bahwa berbagai aplikasi digital telah memberikan kemudahan dalam memulai bisnis, termasuk perusahaan maklon, jasa pengiriman, dan perluasan akses pasar.

“Sudah banyak enabler yang bisa membantu produksi, pembiayaan, dan kemudahan lainnya, itulah kenapa kita buat program wirausaha mudah,” ujar Menteri Teten saat acara IDM 2023, Festival Wirausaha Mudah pada Kamis (5/10/2023).

Dia menekankan perlunya evolusi bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar tidak hanya berkembang tetapi juga mampu bersaing secara daya saing.

Transformasi ini bertujuan untuk menciptakan entrepreneur baru dari kalangan anak muda, yang memahami teknologi, memiliki model bisnis inovatif, relevan, dan tidak bersaing langsung dengan pedagang yang sudah ada.

Menteri Teten juga menyampaikan upaya pemerintah Indonesia dalam melakukan transformasi digital yang tidak hanya memperkuat bisnis di sektor hilir tetapi juga di sektor hulu.

Ia menekankan bahwa digitalisasi bukan hanya tentang berjualan online, melainkan juga mengenai transformasi seluruh ekosistem bisnis.

“Di hilir sudah terlalu banyak, digitalisasi jangan kemudian diturunkan artinya hanya bagaimana berjualan di online saja. Bukan lagi bicara apa itu seller, afiliator, bukan itu,” kata Menteri Teten.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LLP-KUMKM) atau Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata, menyatakan bahwa IDM 23 menjadi satu-satunya acara di Indonesia yang menyediakan berbagai solusi digital bagi UMKM yang ingin meningkatkan bisnisnya.

“Rangkaian Exhibition Day di IDM 23 akan menjadi tempat showcasing ekosistem kemudahan berwirausaha untuk mendukung target pencapaian rasio empat persen jumlah wirausahawan pada 2024, sekaligus menuju Indonesia Emas 2045,” ucapnya.

Rangkaian Exhibition Day di IDM 23 diselenggarakan di Gedung Smesco Indonesia pada 5-6 Oktober 2023, dengan 80 booth/tenant perusahaan yang menawarkan beragam jenis kemudahan bagi pengunjung

Exit mobile version