Polri Apps

Penumpang Roro Dompak-Jagoh Tak Diizinkan Bersandar, Kadishub Lingga Sebut Sesuai Aturan

Kapal roro KMP. KUNDUR. (ist)

Lingga, Owntalk.co.id – Kejadian tidak menyenangkan terjadi pada penumpang dan awak Kapal Roro KMP. Kundur yang berangkat dari pelabuhan Roro Dompak menuju pelabuhan Roro Jagoh, berdasarkan keterangan penumpang KMP. Kundur pada postingan di instgram @Ciberlingga, KMP. Kundur yang tumpangi oleh penumpang tersebut tiba di pelabuhan Jagoh pada pukul 04.15 WIB, Sabtu, (23/12/2023), dan tidak diizinkan bersandar karena menunggu keberangkatan Kapal Roro KMP. Paray tujuan Dabo-Penarik terlebih dahulu.

Pada jadwalnya, KMP. Paray yang bersandar di Pelabuhan Jagoh akan berangkat menuju Penarik Daik pada pukul 06.30 WIB.

Hal ini mengakibat penumpang serta awak kapal KMP. Kundur terombang ambing dilautan dan tidak bisa besandar di Pelabuhan Roro Jagoh hingga KMP. Paray berangkat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Lingga, Hendry Efrizal, mengatakan bahwa situasi tersebut aman dan sesuai dengan aturan yang ditentukan.

“Situasi aman, sebenarnya memang harus menunggu KMP Paray dulu berangkat ke pelabuhan penarik, inikan merupakan jadwal regulernya, jika KMP. Paray keluar dan berlabuh dulu di sekitaran pelabuhan, khawatirnya tidak terkejar dengan waktu regulernya,” katanya saat dikonfirmasi Owntalk.co.id, Sabtu, (23/12/2023).

Lanjut Hendry, bahwa izin bersandarnya kapal roro tersebut sudah sesuai dengan kesepakatan dan telah terjadi pada sebelum saat ini.

“Sebab itu roro yang dari Tanjung Pinang menunggu sebentar untuk merapat, dan keberangkatan KMP. Paray dan ketibaan roro dari Dompak memang jadwalnya seperti itu, karna memang harus antri, dan beginilah sebelum-sebelumnya,” tuturnya

Menurutnya, dalam hal ini pihak penumpang dan awak kapal harus saling mengerti dan memahami.

“Tidak ada yang salah dalam hal ini, memang kita paham penumpang dari Tg. Pinang agak lelah dikapal, tapi tak mungkin KMP. Paray harus keluar dari posisinya, sementara hanya menunggu beberapa saat saja untuk berangkat ke penarik,” jelasnya

Hendry berharap, agar kejadian tersebut menjadi bahan evaluasi bersama pihak terkait nantinya, dalam meningkatkan pelayanan terbaik baik kepada masyarakat.

“Kami berharap untuk seluruh pengguna jasa penyeberangan khususnya untuk saling memahami keadaan ini, apalagi dalam suasana libur anak sekolah dan menjelang Natal dan tahun baru, karna petugas pun sudah maksimal dalam melayani penumpang, mudah2an menjadi koreksi dan introspeksi kita bersama,” harapnya

Kadishub menghimbau agar para petugas kapal dan pelabuhan untuk tetap menjaga keramahan serta kenyamanan dalam melayani penumpang.

“Dan perlu kami sampaikan serta menghimbau untuk tetap menjaga kenyamanan dan tetap ramah melayani penumpang bagi petugas kapal dan pelabuhan, dan bagi penumpang mohon kerjasamanya dalam menikmati perjalanan lautnya, kemudian selalu melihat kondisi cuaca yang pancaroba sekarang ini,”. imbuhnya (Yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *