Polri Apps
banner 728x90

Indonesia Menyerukan Persatuan Negara Asia Tenggara di KTT ASEAN 2023

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (Dok; Tangkapan Layar BPMI)

Jakarta, Owntalk.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerukan persatuan pada seluruh negara di Asia Tenggara, untuk membawa kedamaian bagi kawasan dan membuka peluang pertumbuhan ekonomi yang semakin masif di masa depan. 

“Asalkan satu kuncinya persatuan. Dengan persatuan, ASEAN akan mampu menjadi pemain sentral dalam membawa perdamaian dan pertumbuhan dunia,” kata Presiden Jokowi saat membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (10/5/2023). 

Menurut Jokowi, persatuan dibutuhkan dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh negara-negara ASEAN. Di antaranya, episentrum ekonomi yang di atas negara-negara lain pada umumnya, bonus demografi, stabilitas kawasan, arsitektur kesehatan, arsitektur pangan, energi, stabilitas keuangan,  hingga integrasi ekonomi yang semakin menguat beberapa waktu ke depan. 

Jokowi optimistis, dengan memaksimalkan potensi yang ada dan bekerja bersama antarnegara ASEAN, dapat mewujudkan Asia Tenggara sebagai episentrum pertumbuhan perekonomian dunia. 

“Kita punya aset yang kuat sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi,” kata Jokowi. 

Dengan persatuan, lanjut Jokowi, dapat mengatasi berbagai tantangan seperti ekonomi global yang belum pulih, rivalitas yang semakin tajam, dan dinamika dunia yang semakin tidak terprediksi antarnegara ASEAN.

“Persatuan dapat menjadi motor perdamaian dan pertumbuhan. ASEAN bisa,” kata Jokowi. 

Pada rangkaian pertemuan puncak KTT ASEAN 2023, Jokowi akan memimpin lima pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Pertemuan yang dipimpin oleh Presiden Jokowi di antaranya adalah KTT ke-42 ASEAN (Opening and Plenoary Session), Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), dan Pertemuan Pemimpin ASEAN dengan High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV). 

Lima rangkaian pertemuan KTT ASEAN itu, akan ditutup secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada waktu malam hari. Bertepatan dengan kegiatan welcome dinner di Ayana Komodo Waecicu Beach. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *