Polri Apps
banner 728x90

Daftar 6 Kecelakaan Pesawat dalam Kurun 8 Tahun Terakhir

berita terkini batam
ilustrasi (Foto: Owntalk)

Jakarta, Owntalk.co.id – Kecelakan pesawat bukan hal yang baru bagi dunia kedirgantaraan Indonesia. Setidaknya dalam kurun waku 8 tahun terakhir kecelakaan pesawat pernah terjadi di Tanah Air.

Terakhir Indonesia berduka atas jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang menimbulkan korban jiwa.

Ini daftar kecelakaan pesawat dalam kurun waktu 8 tahun terakhir yang di kumpulkan Owntalk.co.id :

2020 15 days, 19 hours and 19 minutes.

Beberapa kecelakaan yang baru terjadi di Indonesia yakni ;

  1. Sriwijaya Air penerbangan 62

    Pesawat milik Sriwijaya Air dengan tujuan Jakarta – Jambi ini mendarat tergelincir di Bandara Udara Sultan Thaha dan menabrak 3 warga. Tak ada korban jiwa, namun diketahui penumpang mengalami luka-luka.

  2. Merpati Nusantara Airlines Penerbangan 9760

    Pesawat DHC-6 dengan nomor ekor PK-NVC adalah pesawat dengan umur 30 tahun tidak dilengkapi dengan pencatat data penerbangan. Pesawat Komersial tujuan Jayapura – Oksibil ini hilang dari rute yang seharusnya dilalui hingga menabrak gunung. Dalam penerbangan ini diketahui 13 orang penumpang dan 3 kru pesawat tewas dalam kecelakaan

  3. Sukhoi Superjet 100 (SSJ-100) 

    Terjadi pada tanggal 9 mei 2012, pesawat ini menghilang dalam penerbangan demonstrasi yang berangkat dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Indonesia. Pesawat Menabrak Gunung Salak hingga menyebabkan seluruh 45 penumpang dan awak pesawat tewas.

  4. AirAsia 8501

    Pada tanggal 28 Desember 2014 silam pesawat rute penerbangan Surabaya – Singapura dengan nomor penerbangan 8501 dinyatakan hilang kontak disekitar Laut Jawa dekat Selat Karimata. Kecelakaan ini menelan 162 korban jiwa.

    Serpihan pesawat ini ditemukan pada tanggal 30 Desember 2014, bersamaan dengan penemuan puing pesawat potongan tubuh manusia juga ditemukan.

  5. Lion Air 610

    Pesawat yang memiliki nomor penerbangan 610 ini berangkat dari Jakarta menuju Pangkal Pinang. Dinyatakan hilang kontak pada tanggal 29 Oktober 2018.

    181 penumpang dan 8 awak pesawat meninggal dunia. Tidak ada satu orang pun yang selamat dalam insiden ini. Beberapa korban tewas antara lain ASN dari Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Pembangunan. Pebalap sepeda asal Italia Andrea Manfredi juga menjadi korban.

  6. Sriwijaya Air 182

     Pesawat komersial Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak dikabarkan hilang kontak, pada Sabtu 9 Januari 2021. Usai beberapa menit lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pesawat ini jatuh di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

    Pesawat tujuan Pontianak ini mengangkut penumpang dengan total 56 penumpang. Yang terdiri dari 46 Dewasa 7 Anak-anak dan 3 Bayi yang semua nya diketahui tewas dalam kecelakaan tersebut

(Arini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *