Polri Apps
banner 728x90
Berita  

Pak Lukita, Kerja Ini… Kami Bukan Mau Cari Kaya !

berita terkini batam
Lukita temui Nelayan yang berkunjung ke kantor nya. (foto : owntalk.co.id)

Batam, owntalk.co.id – Puluhan perwakilan dari Nelayan air tawar dikota Batam mendatangi kantor relawan Pemenangan Lukita, di Legenda – Batam Centre. Jumat, (23/10).

Jumlah puluhan itu adalah bagian kecil dari yang datang untuk menyampaikan keluhan mereka kepada calon walikota Batam itu.

Sembiring tokoh salah satu kelompok Nelayan air tawar menyebutkan jumlah mereka ada ribuan orang tersebar dikota Batam.

“ Ini baru kelompok kecil dari perwakilan setiap kelompok nelayan yang datang pak, kami takut kalau ramai-ramai nanti ruangan ini tak muat, sekaligus membatasi jumlahnya agar tak lebih dari 50 orang,” kata Sembiring

Kendati demikian, Sembiring mengaku setiap perwakilan nelayan telah hadir dan siap menyampaikan hasil dari pertemuan mereka bersama Lukita kepada nelayan lainnya.

“ Delegasi ini akan menyampaikan hasil pertemuan kepada nelayan yang masih menjaring di danau,” Sebut Sembiring.

Jhon, Perwakilan nelayan lainnya menyebutkan tujuan kedatangan mereka meminta kepastian terhadap nasib mereka bekerja menjadi Nelayan di Danau sekitar Batam.

“ Hari ini semua nya berubah pak, kami terus diganggu hanya untuk sekedar mencari makan di danau yang menjadi tempat ladang pencaharian kami,” kata Jhon disela-sela pertemuan.

Jhon mengisahkan dirinya telah mencari ikan di danau Duriangkang selama 20 tahun lebih. Tak hanya dia, banyak lagi warga disana yang juga melakukan aktivitas yang sama lebih dari 25 tahun.

“ Bukan kami menginginkan pekerjaan ini pak, tapi memang hanya ini yang dapat kami kerjakan. Kami pun tak mencari kaya dari pekerjaan mencari ikan, hanya cukup makan, cukup membayar sekolah anak, kami sudah tenang,” kisah Jhon sembari menitikkan air matanya.

Dilanjutkan Jhon, saat ini pegawai pemerintah terus melakukan pembakaran terhadap bubu dan sampan nelayan disana. Petugas menolak adanya aktivitas di danau tersebut tanpa memberikan solusi terhadap mereka.

“ Kami tak diberikan kesempatan lagi untuk mencari kehidupan dari pekerjaan ini. Kami berharap ada solusi dari persoalan ini pak,” harap Jhon

Sementara itu, Lukita Dinarsyah Tuwo mengharapkan Nelayan dapat tegar menghadapi persoalan yang dihadapi mereka. Dalam pertemuan itu, Lukita berkesimpulan Nelayan tetap dapat bekerja tanpa mengganggu mata air dan suplai air bersih untuk warga Batam.

Dirinya memiliki rencana akan mengelola Dam-Dam yang ada dikota Batam tidak hanya sebagai daerah penyuplai air bersih saja.

“ Lebih dari itu, Dam akan dikelola dan di tata untuk tiga fungsi, yakni : Penyuplai Air bersih, Penyediaan kebutuhan ikan air tawar dikota Batam, dan destinasi wisata,” lanjut Lukita.

Jika terpilih menjadi walikota Batam, Lukita berjanji akan tetap membiarkan nelayan berkegiatan mencari ikan di Dam tersebut, dengan catatan, Nelayan berpartispasi dan wajib melakukan pemeliharaan bersama dengan BP Batam dan Pemko Batam.

“ Terkhusus adanya eceng gondok, itu salah satu tumbuhan yang banyak menghabiskan suplai air bersih dikota Batam, kita harus sepakat nanti nya nelayan terlibat dalam pembersihan eceng gondok tersebut,” pinta Lukita

Tak hanya itu, Rencana Lukita juga akan menyulap Dam tersebut berfungsi menjadi tempat wisata air.

“ Kita harus rawat dan pelihara Dam tersebut menjadi lebih bermanfaat, tak hanya untuk penyuplai air dan ikan, juga destinasi wisata air dikota Batam.” Tutup dia. (Ack)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *