Polri Apps
banner 728x90

Dekan FISIP UNRIKA Jadi Narasumber di Acara Kemendagri

Pada saat acara Dialog Interaktif Pembumian nilai-nilai pancasila bagi masyarakat di Kota Batam.

Batam, Owntalk.co.id – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA), Askarmin Harun, S.Sos, M.Si, turut hadir sebagai narasumber dalam acara Dialog Interaktif Pembumian Nilai-nilai Pancasila Bagi Masyarakat di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri bertempat di Hotel Golden View Batam pada Kamis, 16 Mei 2024 lalu.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan platform dialog yang memperkuat penerapan nilai-nilai Pancasila guna meningkatkan pemahaman masyarakat.

Hal ini diharapkan dapat memberi kontribusi dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, terutama dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Acara ini dihadiri oleh berbagai komunitas lokal, termasuk Forum Pembaruan Kebangsaan, Forum Komunikasi Umat Beragama dan Forum Kewaspadaan Dini, serta berbagai organisasi kemasyarakatan lainnya yang aktif di Kota Batam.

Selain Dekan Askarmin Harun, narasumber lain yang hadir adalah Riama Manurung, SH, MH (Kepala Badan Kesbangpol Kota Batam), Rudi Panjaitan, S.STP, M.Si (Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika Kota Batam), serta Nining Setyawati, S.Kom, M.M (Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan, dan Karakter Badan Kesbangpol Kota Batam) sebagai Moderator.

Askarmin Harun, S.Sos, M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau Kepulauan tersebut hadir sebagai narasumber dengan judul materi “Pentingnya Nilai-Nilai Pancasila dalam Implementasi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”.

Dalam penjelasannya, ia menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam implementasi kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai seperti Kesatuan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan dianggap sebagai landasan utama yang harus dijunjung tinggi oleh seluruh elemen masyarakat.

Foto para narasumber memberikan sambutan

Menurutnya, pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan kunci utama dalam membangun Indonesia yang bersatu, adil, dan makmur.

“Saat kita memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, kita turut berkontribusi dalam membangun Indonesia yang harmonis, adil, dan sejahtera bagi semua warganya.” Ungkapnya saat wawancara dengan Owntalk pada Jum’at, 24 Mei 2024.

Sekretaris KNPI Provinsi Kepulauan Riau itu pun berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat Kota Batam, serta memberikan manfaat yang besar bagi semua peserta yang turut hadir.

“Semoga acara tersebut bisa memberikan manfaat yang besar bagi semua peserta yang hadir saat itu, sehingga semangat kebangsaan dan kebersamaan semakin terjalin kuat di Kota Batam dan Kepri.” Harapnya.

Terakhir, ia menyoroti Permasalahan intoleransi yang meningkat, khususnya di kalangan generasi muda, menjadi perhatian serius. Saat ini, nilai-nilai Pancasila kembali ditekankan sebagai pilar utama dalam mencegah degradasi nilai-nilai kebangsaan.

Dalam era teknologi yang berkembang pesat, Dekan Askarmin menegaskan pentingnya generasi milenial untuk memahami, menganut, serta menjalankan nilai-nilai Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan nilai-nilai toleransi bangsa Indonesia agar tetap eksis dan kokoh di tengah perubahan zaman.

“Generasi milenial harus mampu mengamalkan Pancasila, bhineka tunggal ika, dan nilai-nilai toleransi bangsa Indonesia agar tetap eksis dan berdiri kokoh di tengah arus kemajuan teknologi.” Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *