Polri Apps
banner 728x90

KPU Kota Batam Resmi Luncurkan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota

KPU Batam resmi luncurkan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, Sabtu (18/5/24).

Batam, Owntalk.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Batam mengadakan acara Peluncuran Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024 di Harbourbay Downtown, Sabtu 18 Mei 2024, pukul 20.00 WIB.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk anggota KPU Provinsi Kepulauan Riau, Bawaslu kota Batam, perwakilan walikota Batam, ketua DPRD kota Batam, Kapolresta kota Batam, dandim, Kepala Kejaksaan Negeri kota Batam, ketua pengadilan negeri kota Batam, ketua LAM, ketua partai politik, pimpinan organisasi massa, kepemudaan, dan kewanitaan.

Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Indrawan Susilo Prabowoadi, S.H., M.H, menyampaikan pentingnya pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang mendapat partisipasi tinggi di Kota Batam.

Selain itu, KPU Kota Batam telah melakukan persiapan yang matang dengan melibatkan semua pihak terkait dalam tahapan-tahapan pemilu. Indrawan juga menekankan sinergi antara pemerintah, penyelenggara pemilu, dan masyarakat sebagai kunci kesuksesan pelaksanaan pemilihan.

“Kehadiran KPU Provinsi Kepulauan Riau bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat Kota Batam dalam pemilihan kepala daerah agar lebih tinggi dari sebelumnya. Sinergi antara pemerintah, penyelenggara pemilu, dan masyarakat menjadi kunci kesuksesan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah,” kata Ketua KPU Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi, S.H., M.H.

Potret pada acara Peluncuran Pemilihan Walikota dan Wakli Walikota

Indrawan berharap, masyarakat dapat menggunakan hak pilih dengan bijak dan memilih pemimpin yang baik dan bermartabat serta pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kota Batam dan kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau dapat berjalan lancar dan sukses.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Batam, Mawardi, S.E. mengatakan bahwa peluncuran pemilihan walikota dan wakil walikota untuk Pemilu tahun 2024 merupakan momentum yang sangat penting bagi semua pihak.

Tidak hanya bagi KPU Kota Batam sebagai penyelenggara, tetapi juga bagi peserta pemilihan dan seluruh masyarakat Kota Batam.

“Peluncuran ini merupakan kesempatan untuk membangun koordinasi dan komunikasi demi mewujudkan pemilihan kepala daerah yang berlandaskan prinsip-prinsip jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia,” kata Mawardi.

Mawardi juga mengingatkan tentang kesuksesan pemilihan legislatif dan Pilpres yang telah dilaksanakan sebelumnya, yang merupakan hasil dari peran positif semua pihak.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh pimpinan daerah untuk berkolaborasi dalam membangun sinergi guna mencapai kesuksesan pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan secara serentak tahun 2024.

Meskipun ada satu tahapan yang masih tertunda secara teknis, yaitu penetapan hasil pemilu karena sedang dalam proses sengketa di Mahkamah Konstitusi, Mawardi yakin bahwa dengan dukungan semua pihak, pelaksanaan demokrasi di Kota Batam dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

Mawardi menyampaikan bahwa KPU Kota Batam saat ini sibuk dengan beberapa tahapan sesuai dengan peraturan KPU nomor 2 tahun 2024 tentang pemilihan gubernur, bupati, walikota, dan wakil kepala daerah. Salah satu tahapan yang sedang dilakukan adalah penyerahan daftar pemilih potensial dan penyusunan daftar pemilih.

“Semua tugas ini akan diselesaikan dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ungkapnya.

Terakhir, Mawardi memohon maaf jika ada kekurangan dalam pelaksanaan peluncuran ini baik dari segi pelayanan maupun penyambutan.

“Kami mohon maaf jika terdapat kekurangan dalam pelaksanaan peluncuran ini, baik dari segi pelayanan maupun penyambutan,” Pungkas Mawardi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *