Polri Apps

UPDATE Peringatan Dini Cuaca, BMKG Lingga: Saat Ini Memasuki Puncak Musim Hujan di Kota Dabo

Ilustrasi kondisi hujan lebat. Sumber (Yudiar)

Lingga, Owntalk.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lingga memperkirakan hujan dengan kapasitas sedang hingga lebat yang terjadi saat ini disertai Kilat Petir dan Angin Kencang pada pkl. 11:48 WIB berlangsung hingga pukul 14:20 WIB sore.

Perkiraan cuaca BMKG Lingga meliputi beberapa wilayah Provinsi Kepri, Kabupaten Lingga yang terdampak pada situasi hujan saat ini.

“Hujan dengan kapasitas sedang hingga lebat yang dapat disertai Kilat Petir dan angin kencang berpotensi terjadi pada wilayah Kec. Singkep, Kec. Lingga, dan Kec. Singkep Pesisir,” kata Kepala UPT BMKG Lingga, Ady Istyono kepada Owntalk.co.id, Senin, (25/12/2023).

Menurutnya, berdasarkan pantauan data prakirawan cuaca saat ini, kondisi ini dipengaruhi adanya dinamika atmosfer dan angin baratan yang membawa cukup banyak membawa uap air dari benua Asia dan laut cina Selatan.

“Saat ini puncak musim hujan di Dabo, kondisi ini dipengaruhi adanya dinamika atmosfer dan angin baratan yang membawa cukup banyak membawa uap air dari benua Asia dan laut cina Selatan ditambah adanya pola pola siklonik, konvergensi atau pumpunan angin yang menambah kondisi hujan menjadi cukup lebat disertai angin dan guntur,” terangnya

Ady menjelaskan bahwa, hujan saat ini berlangsung hingga sore hari nantinya, dan diperkirakan akan terus berlangsung pada pekan mendatang.

“Kondisi saat ini diperkirakan hingga pukul 14.20 WIB nanti, akan tetapi kondisi ini masih bisa terjadi seminggu kedepan, untuk itu masyarakat diharapkan selalu siaga dan waspada dipuncak musim hujan ini, dan selalu mengupdate kondisi cuaca baik dari media sosial maupun aplikasi android infoBMKG,”. tutupnya (Yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *