Polri Apps

Ketua Panwaslu Kecamatan Pesisir Himbau Untuk Tegas Berintegritas

Pembekalan RT.RW Kecamatan Singkep Pesisir, dalam rangka persiapan pemilu serentak 2024.

Lingga, Owntalk.co.id – Suasana penuh semangat melingkupi kegiatan pembekalan yang diselenggarakan oleh Ketua Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam) di Singkep Pesisir. Rabu (29/11/2023).

Acara ini dibuka oleh Camat Singkep Pesisir Saman, S.Pd, didampingi oleh Kanit Binmas Polsek Dabo Singkep, Aiptu Jefry Zona Smoza, ini bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat menghadapi Pemilu Serentak 2024.

Ketua Panwaslu Kecamatan Singkep Pesisir, Cindra Hariansyah, S.IP, menegaskan pentingnya peran Kepala Desa dan perangkatnya untuk tetap netral dan tidak terlibat dalam kampanye politik.

“Peran Kades, BPD, dan RT/RW dalam mensukseskan Pemilu Tahun 2024 tentunya untuk menjaga Netralitas dan tidak terlibat dalam Politik Praktis, serta tidak menjadi garda terdepan dalam Money Politik,” ujar Cindra saat sesi diskusi pembekalan menjelang pemilu.

Cindra menyoroti peran strategis perangkat desa dalam pelaksanaan pemilu, menjadi penggerak utama yang mengajak masyarakat untuk menggunakan hak suaranya.

“Serta menjadi garda terdepan dalam mengajak masyarakat untuk ke TPS dalam Menentukan masa depan bangsa,” tambahnya dengan penuh semangat.

Selain itu, Cindra menyampaikan bahwa kesadaran hukum terkait aturan Peraturan Bupati No. 14 Tahun 2021 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa masih perlu ditingkatkan di masyarakat.

“Untuk itu, Panwaslu Kecamatan Singkep Pesisir berinisiatif turun langsung memberikan edukasi kepada peserta hadir agar pengetahuan mengenai Kepemiluan tersampaikan kepada masyarakat Singkep Pesisir melalui pembekalan ini,” jelasnya.

Cindra menutup sesi pembekalan dengan menghimbau pentingnya pengawasan sebagai langkah awal, diikuti oleh pencegahan, dan apabila ditemukan pelanggaran, penindakan segera dilakukan.

“Dalam hal ini pentingnya pengawasan, apabila nantinya menemukan atau melihat adanya tindak pelanggaran dalam pelaksanaan kampanye hingga pemilu nantinya, bisa melakukan pencegahan dan penindakan,” tutupnya sembari menegaskan komitmen Panwaslu Kecamatan Singkep Pesisir dalam menyelenggarakan pemilu yang jujur dan adil. (Yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *