Polri Apps

Lembah Harau: Keajaiban Alam yang Mirip Desa Konoha

Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat. , (Dok; ANTARA FOTO)

Jakarta, Owntalk.co.id – Sumatra Barat (Sumbar) terkenal dengan keindahan destinasi pariwisatanya, seperti Jam Gadang di Bukittinggi dan Pantai Padang Nan Rancak Bana. Namun, destinasi baru tengah mencuri perhatian, yakni Lembah Harau.

Lately, Lembah Harau menjadi perbincangan hangat di media sosial karena kemiripannya dengan lokasi di anime dan komik Naruto, yaitu Konohagakure alias Desa Konoha.

Dengan pesona luar biasa, Lembah Harau terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat, sekitar 50 km dari Bukittinggi atau 1,5 jam perjalanan.

Dikenal dengan tebing tingginya yang menyerupai Desa Konoha, Lembah Harau menyimpan keunikan lain yang memukau. Dalam kitab adat Minangkabau, Lembah Harau disebut sebagai negeri berair jernih dengan ikan-ikan jinak di sungainya. Legenda menyebutkan bahwa dahulu kala, lembah ini berada di dasar lautan.

Fakta ilmiah tentang batuan di Lembah Harau menambah daya tariknya. Jenis batuan breksi dan konglomerat yang umumnya ditemui di dasar laut, menguatkan keyakinan bahwa lembah ini pernah terendam.

Penelitian menyebutkan bahwa tebing batuan di sekitar Lembah Harau berusia sekitar 40 juta tahun dan mengandung karbon organik dari sisa-sisa organisme. Keunikan tersebut membuat Lembah Harau diakui sebagai Cagar Alam dan Suaka Margasatwa.

Lembah Harau bukan hanya tempat untuk menikmati keindahan alam, tapi juga rumah bagi monyet ekor panjang dan berbagai spesies tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi.

Enam air terjun seperti Sarasah Aie Angek, Aie Luluih, Sarasah Jambu, Akar Berayun, Sarasah Bunta, dan Sarasah Murai menambah pesona lembah ini.

Salah satu air terjun terkenal, Akar Berayun, mencapai ketinggian sekitar 200 meter dan mudah dijangkau dari area parkir. Wisatawan juga dapat menemukan kedamaian di Air Terjun Sarasah Murai yang berada 10 menit berjalan kaki ke dalam hutan.

Bukan hanya keindahan alam, Lembah Harau menawarkan wisata tematik kekinian, termasuk Harau Sky dengan waterpark, restoran, dan spot foto menarik.

Kampung adat Minang di Kampung Sarosah, Kampung Korea Jepang, Kampung Eropa, Batang Tabik Waterpark, dan Harau Dream Park semakin memperkaya pengalaman wisata di Desa Konoha versi Indonesia.

Sebuah kunjungan ke Lembah Harau menjanjikan lebih dari sekadar pemandangan alam. Inilah waktunya untuk merencanakan petualangan seru ke Desa Konoha yang tersembunyi di Sumatra Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *