Polri Apps
banner 728x90

PKB Batam Ziarah Kubur Jelang Ramadhan ke Makam Raja Isa Nongsa

Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kota Batam ziarah kubur menyambut bulan suci Ramadhan ke pemakaman Raja Isa atau Nongsa Isa Bin Rajaz Ali di Nongsa, Jumat (17/3/2023).

Batam, Owntalk.co.id – Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kota Batam telah melakukan ziarah kubur menyambut bulan suci Ramadhan ke pemakaman Raja Isa atau Nong Isa bin Raja Ali di Nongsa, Batam pada Jumat (17/3/2023) setelah salat Jumat.

Ziarah kubur dipimpin oleh Ketua DPC PKB Batam Surya Makmur Nasution bersama Ketua Dewan Syuro DPC PKB KH M Nasir dan Ketua DPAC Kecamatan Nongsa Faturrohman. Hadir juga Wakil Ketua PKB Batam Syamsul Bahri, Wakil Sekretaris PKB Batam Indra Isputranto, dan kader lainnya.

Menurut KH M Nasir, ziarah kubur menjelang Ramadhan adalah tradisi leluhur yang pada umumnya warga nadhdliyin (NU) yang diteruskan oleh PKB. Tujuannya adalah untuk mendoakan para auliya dan para leluhur yang pernah berjasa di Batam, sekaligus mengingatkan orang yang hidup agar ingat akan kematian.

Sementara itu, Surya Makmur Nasution menjelaskan bahwa ziarah kubur sudah dilakukan dua kali selama kepemimpinannya, yaitu pada tahun 2022 dan 2023. Pilihan ziarah ke pemakaman Raja Isa karena Nong Isa atau Raja Isa bin Raja Ali merupakan salah satu penguasa pertama di Pulau Batam.

Berdasarkan berbagai sumber, pada sekitar tahun 1829, Nong Isa mendapatkan sebuah mandat dari Sultan Riau dan perintah dari Muda Riau VI untuk memerintah di kawasan Nongsa dan wilayah sekitarnya. Surat mandat tersebut dikeluarkan pada 22 Jumadil Akhir 1245 Hijriah atau pada tanggal 18 Desember 1829 dalam masehi.

Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kota Batam. Kompleks makam Nong Isa berada di atas sebuah bukit kecil di kawasan Kampung Nongsa Pantai, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

Namun, Nong Isa sendiri tidak dimakamkan di kompleks tersebut dan hanya anak-anak keturunannya yang disemayamkan di sana. Lokasi makam Nong Isa hingga saat ini belum diketahui.

Dalam ziarah kubur ini, PKB Batam berziarah bukan untuk meminta kepada orang yang telah meninggal, melainkan untuk memohon doa hanya kepada Allah dan mendoakan ahli kubur sebagai hamba Allah agar diberikan kemuliaan atas amal baiknya.

“Kita berziarah bukan meminta kepada orang yang mati. Kita hanya memohon doa kepada Allah, mendoakan ahli kubur sebagai hamba Allah agar diberikan kemuliaan atas amal baiknya,” kata KH M Nasir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *