Polri Apps
banner 728x90

571 Stasiun TV Sudah Bermigrasi ke Siaran Digital

Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Geryantika Kurnia.

Jakarta, Owntalk.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mencatat keberhasilan program penghentian siaran analog atau Analog Switch Off (ASO) sejak dimulai pada November 2022. Saat ini, sebanyak 571 stasiun televisi telah bermigrasi ke siaran digital, dari total 695 stasiun TV di Indonesia.

Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika, Geryantika Kurnia, menyatakan bahwa saat ini masih tersisa 124 stasiun TV yang menyiarkan siaran analog di daerah yang belum menerapkan ASO.

Namun, jumlah stasiun tv analog tersebut dipastikan akan semakin berkurang seiring dengan dimulainya proses ASO di daerah-daerah luar Pulau Jawa, seperti di Bali, Palembang, dan Banjarmasin yang akan dilaksanakan pada 20 Maret 2023 mendatang.

“Ada sekitar 124 (stasiun TV) lagi yang masih siaran analog, tapi mereka dalam berproses (migrasi ke siaran digital),” kata Gery.

Menurut Geryantika, banyaknya jumlah stasiun TV di Indonesia juga menjadi salah satu tantangan dalam menjalankan program ASO secara serentak nasional.

Dia mencontohkan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, bahkan negara maju seperti Amerika Serikat hanya memiliki beberapa stasiun TV, sehingga bisa dengan mudah melakukan migrasi siaran digital.

Seiring keberhasilan pelaksanaan ASO di Pulau Jawa, Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) juga mulai gencar melakukan sosialisasi siaran digital di wilayah siaran masing-masing.

Hal yang sama juga terjadi dengan perusahaan penyedia barang (vendor) yang memasok Set Top Box (STB), yang pada awal pelaksanaan ASO hanya didukung oleh tujuh perusahaan karena takut program itu mandek seperti pada tahun 2012.

Saat ini, Kementerian Kominfo mencatat sudah ada 46 vendor pemasok STB dari dalam negeri dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi. Total ada 75 tipe STB yang tersedia di seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *