Polri Apps
banner 728x90

KKP Susun Strategi Guna Dorong UMKM Sektor Kelautan dan Perikanan

Gedung Mina Bahari 4, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Jakarta, Owntalk.co.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menyusun strategi untuk mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sektor Kelautan dan Perikanan agar dapat berkembang dan naik kelas.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Usaha dan Investasi DJPDSPKP, Catur Sarwanto, dalam acara Bincang Bahari Edisi 3 bertajuk “UMKM Thrive: Saatnya UMKM Kelautan dan Perikanan Naik Kelas”.

KKP akan menyediakan skema perbaikan tata kelola UMKM, dukungan permodalan, serta program-program pemberdayaan dengan dukungan lembaga keuangan.

Selain itu, KKP juga akan mengadakan gelaran “UMKM Kelautan dan Perikanan Thrive Expo” pada Senin (6/3/2023) mendatang di Ballroom Gedung Mina Bahari 3 Kantor KKP Jakarta Pusat yang menghadirkan UMKM dari berbagai daerah serta beberapa stakeholder dan K/L terkait.

“Dalam acara tersebut akan ada layanan informasi dari berbagai pihak, baik dari KKP sendiri mauspun K/L yang lain, misal BPOM, perbankan dan lainnya. Sehingga UMKM yang hadir di sana bisa mendapat informasi terkait pembiayaan, perizinan berusaha, sertifikasi produk, dan pengetahuan digitalisasi usaha,” kata Catur.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) turut mendukung peningkatan kapasitas UMKM dengan menyediakan pinjaman dengan berbagai segmen, mulai dari unfeasible dan unbankable, feasible dan unbankable, hingga feasible dan bankable berdasarkan literasi dasar, literasi bisnis, dan literasi digital dengan memperhatikan ekosistem bisnis perikanan, salah satunya yang terintegrasi dengan kartu KUSUKA.

Meningkatnya kapasitas UMKM sektor KP sangat membantu pelaku UMKM di seluruh Indonesia, seperti yang dirasakan oleh Ida Zubaedah, pemilik UMKM Iwakula.

Ia telah mengikuti beberapa pelatihan dari KKP sehingga usahanya berkembang dari nol hingga sukses. Peningkatan kapabilitas pada UMKM sektor kelautan dan perikanan ini merupakan langkah nyata KKP dalam mendorong UMKM sektor KP berkembang dan naik kelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *