Polri Apps
banner 728x90
Batam  

Turnamen Catur Tingkat SD & SMP Kota Batam di Ikuti oleh 180 Pelajar

#image_title

Batam, Owntalk.co.id – Sebanyak 180 pelajar dari berbagai sekolah di Kota Batam, ikut ambil bagian dalam Turnamen Catur Tingkat Pelajar SD SMP se-kota Batam yang diselenggarakan oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Batam, Jumat-Sabtu (7-8/10/2022) di Food Street Nagoya Hill, Batam. 

Ajang pencarian Atlet Catur Junior  Kota Batam ini, dibuka oleh Walikota Batam Muhammad Rudi, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Batam, Hendri Arulan. 

“Kami cukup bangga dan apresiasi kepada Percasi Batam atas pelaksanaan turnamen catur ini,” ungkap Hendri Arulan dalam sambutannya.

Dia berharap dari pelajar yang mengikuti turnamen kali ini, kelak akan menjadi atlet catur berbakat yang bisa mengharumkan nama Batam di tingkat nasional dan bahkan tingkat internasional.

Sementara itu, Ketua Pengcab Percasi Batam, Suhendri MP kepada media mengatakan bahwa turnamen Catur antar pelajar SD & SMP bertujuan sebagai ajang pencarian bibit atlet catur junior, yang nantinya akan dibina oleh Percasi Batam dengan bekerjasama dengan sekolah masing-masing. 

“Dari turnamen ini diharapkan lahir atlet catur junior yang akan mewakili Batam di iven Kepri, nasional hingga internasional,” ungkapnya.

“Bahkan kita harapkan dapat mencetak master,” terangnya.

Terakhir, turnamen catur antar pelajar ini diagendakan jadi program tahunan, sehingga sekolah mempunyai semangat dan target di tahun berikutnya.

Masih dari lokasi pertandingan,  Founder Team R yang juga Bapak Asuh Percasi Batam, Ahmad Rosano mengaku bangga dan apresiasi atas pelaksanaan turnamen catur antar pelajar ini, sebab menurutnya atlet berprestasi tidak lahir begitu saja, tetapi melalui proses. 

Salah satu proses yang dimaksudkan,  lanjutnya adalah penyaringan dari tingkat dasar seperti yang dilakukan Percasi Batam saat ini. 

“Semua melalui proses, begitu juga dengan atlet catur harus melalui proses. Turnamen pelajar inilah menjadi jawabannya,” ungkap Rosano.

Karenanya, ia menaruh harapan besar dari turnamen antar pelajar ini akan lahir atlet catur berbakat usia dini dan nantinya akan mengharumkan Kota Batam dan Kepri di tingkat nasional. 

Terakhir, turnamen catur antar pelajar yang bekerjasama dengan Disdik Kota Batam, Dispora Kota Batam dan KONI Batam ini diikuti oleh 180 pelajar, terdiri dari 78 pelajar tingkat SD dan 102 pelajar tingkat SMP sekota Batam.