Polri Apps
banner 728x90

Sandiaga Sebut Kakao Jembrana Potensi Besar Tingkatkan Ekspor

Berita Terkini
Sandiaga Uno saat mengunjungi Jembrana, Bali (Foto : Google)

Jakarta, Owntalk.co.id – Menteri Pariwista dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberi dukungan pengembangan kakao di Kabupaten Jembrana, Bali, untuk di ekspor ke eropa.

Ia menilai bahwa kakoa Kabupaten Jembrana ini merupakan salah satu abhan cokelat terbaik di dunia.

Ia dan pihaknya di Kemenparekraf sangat mengapresiasi langkah yang inovatif ini guna membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya.

Sandiaga berkesempatan memetik kakao dan melihat proses pembuatan menjadi kemasan cokelat mulai drai memetik, fermentasi, hingga pengeringan.

Dia memaparkan, pasar ekspor sangat terbuka. Bagaimanapun, selama ini masyarakat mengonsumsi produk cokelat dari Belgia dan Swiss dan tidak sadar bahwa biji cokelatnya dari tanah air.

Sandiaga ingin menjadikan hal tersebut sebagai potensi untuk putra-putri bangsa lebih bangga akan buatan dan produk Indonesia.

Nantinya, Kemenparekraf akan membantu pengemasan dalam program BEDAKAN (Bedah Desain Kemasan). Selain itu, ia ingin melepas coklat dari Jembrana ke mancanegara melalui program ekspor Bangga Buatan Indonesia dan Spice Up The World sehingga ekonomi dapat bangkit dan lapangan kerja kembali terbuka.