10 Ormas Binaan Mitra PT Timah Tbk Ucapkan Selamat Untuk Deklarasi Nelayan Matras

  • Bagikan
Berita Terkini Batam

Bangka Belitung, Owntalk.co.id – Koordinator 10 organisasi masyarakat (Ormas) binaan mitra PT Timah Tbk, Joko Susilo, menyambut baik atas kelancaran kegiatan deklarasi dukungan nelayan Lingkungan Matras, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, untuk PT Timah Tbk dalam mengelola sumber daya kelautan yang ada di perairan laut Matras dan sekitarnya.

Dalam keterangannya melalui pesan singkat, Minggu (12/09/2021), Joko mengucapkan selamat kepada nelayan Lingkungan Matras yang telah berhasil membuktikan eksistensinya itu kepada publik.

Ia mengatakan kalau hak dan peran nelayan Lingkungan Matras sebagai pihak yang berada di ring satu kemitraan dengan PT Timah Tbk memang sudah selayaknya diutamakan.

“Saya menilai ini sudah bagus. Nelayan yang kesehariannya melaut di perairan Matras itu sudah seharusnya diprioritaskan. Mereka orang laut. Jadi sudah benar kalau PT Timah lebih mengutamakan hak, peran, dan kesejahteraan nelayan setempat terlebih dahulu ketimbang masyarakat daratan atau non-profesi nelayan,” papar Joko.

Ketua Mada LMP Kabupaten Bangka itu juga berharap agar kepanitaan pengelolaan dana kompensasi pertambangan di perairan laut Matras yang baru terbentuk dengan melibatkan komponen nelayan setempat tersebut bisa berjalan sesuai harapan masyarakat di Lingkungan Matras.

“Saya berharap bisa berjalan sesuai harapan kawan-kawan nelayan di sana, ya. Bisa bantu pulihkan ekonomi nelayan di masa pandemi saat ini. Apalagi seperti yang saya ketahui kalau rekan-rekan dari mitra Kapal Isap Produksi (KIP) ini orang-orangnya berjiwa dermawan, seperti pak Upay, pak Erwin, pak Budi, pak Nico, dll, itu jiwa sosialnya tinggi. Jangankan nelayan, masyarakat yang bukan nelayan juga atau butuh bantuan selalu mereka bantu, kok. Saya dan teman-teman ormas jadi saksi hidup,” ujarnya menceritakan.

Sebagai ormas binaan mitra PT Timah Tbk, dirinya bersama rekan-rekan ormas, lanjut Joko, selama ini selalu konsisten mengawal kebijakan perusahaan negara seperti PT Timah Tbk, agar pemanfaatan sumber daya alam di bumi dan laut Bangka Belitung yang dikelola oleh perusahaan pelat merah itu selalu bermanfaat bagi masyarakat Bangka Belitung sendiri, khususnya masyarakat yang berada di dalam area kerja perusahaan sebagai pihak ring satu.

“PT Timah sedari dahulu saya pikir selalu konsisten membantu masyarakat, ya, baik dalam bentuk CSR atau program-program binaan perusahaan. Hal itu bisa kita lihat dari berita-berita tentang PT Timah yang sering kali membantu bantuan modal untuk pelaku UMKM kita, atau masyarakat nelayan kita dalam bentuk bantuan peralatan melaut, dll. Apalagi kita dengar PT Timah Tbk dalam waktu dekat ini juga akan memberikan satu unit mobil ambulance untuk masyarakat Matras atas permintaan dari mereka. Jadi kolabarasi ini saya pikir sudah sangat bagus dan harus dipertahankan,” tutup Joko.

Sebelumnya masyarakat dan nelayan Lingkungan Matras, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, menggiatkan deklarasi dukungan untuk PT Timah Tbk yang diselenggarakan Sabtu (11/09/2021) sore kemarin di tambat labuh Kesatuan Nelayan Tradisional Pesisir Matras (KNTPM).

Dikatakan oleh Rama selaku Koordinator kegiatan, deklarasi tersebut merupakan ujud dukungan moril dari rekan-rekan nelayan tradisional untuk PT Timah Tbk.

“Semoga apa yang kita inginkan memang dapat untuk masyarakat Matras. Intinya dari masyarakat untuk masyarakat,” ujar Rama memberi keterangan.

Baca Juga :

Selain Rama, Junaidi sebagai nelayan senior di Lingkungan Matras yang turut hadir dalam kegiatan deklarasi juga menyatakan sikapnya yang telah mendukung operasi kerja PT Timah Tbk di perairan Matras dan sekitarnya, asalkan sesuai dengan prosedur pertambangan serta tetap mengedepankan peran dan hak nelayan setempat.

“Kalau menurut nelayan, kalau prosedur sudah resmi, oke, nelayan bisa menyetujui. Kalau ada SPK [PIP] turun, kami semua nelayan Matras siap,” ungkap Junaidi bersemangat.

  • Bagikan