Budidaya Kepiting Bersama PT Timah Tbk, Pokdakan Tuah Ketam Panen Puluhan Kilogram Kepiting

Date:

Related stories

HUT RI Ke-77 Polairud Polres Karimun Kibarkan Bendera Di Pulau Terluar Indonesia

Karimun, Owntalk.co.id - Sempena memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia...

Beraksi di 20 TKP, Seorang Jambret Berhasil Dibekuk Polsek Lubukbaja

Batam, Owntalk.co.id - Karim Teibang alias Bogan, residivis spesialis...

NasDem Bersuara, Tanggapi Gejolak Pergantian Sekretaris Kota Batam

Batam, Owntalk.co.id - Perihal adanya gejolak ditubuh Partai Nasional...

Sosialisasi Usaha Hulu Migas, Kapolres : Kita Selalu Siap Amankan Objek Vital Nasional

Meranti Owntalk.co.id - Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul...

Kundur, Owntalk.co.id – Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Tuah ketam Desa Sawang Laut,berhasil membudidayakan kepiting. Hal ini ditandai dengan panen budidaya kepiting yang menghasilkan puluhan kilogram kepiting, Senin (6/9/2021) di Pantai Tuah Desa Sawang Laut Kecamatan Kundur Barat. 

Program budidaya kepiting ini bekerjasama dengan PT Timah Tbk sejak tahun 2020 silam. Namun, baru-baru ini PT Timah Tbk memberikan bantuan bibit kepiting sebanyak 1000 ekor. PT Timah Tbk melalui CSRnya tidak hanya menyerahkan bibit kepiting, melainkan juga pelatihan dan pembinaan bagi anggota kelompok untuk membudidayakan kepiting. 

Ketua Pokdakan Tuah Ketam Supiyanto mengatakan, melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), pihaknya didukung PT Timah Tbk bisa berhasil memanen kepiting-kepiting yang siap dijual. 

Menurutnya, panen kepiting ini dilakukan secara bertahap sesuai dengan pertumbuhan kepiting. Kepiting yang dipanen ini dijual ke masyarakat, sebagaimana diketahui peminat kepiting ini cukup banyak. 

Ia menilai, melalui program ini PT Timah Tbk telah membantu perekonomian anggota kelompok, selain itu juga meningkatkan pemahaman tentang budidaya kepiting. Sehingga, nantinya diharapkan bisa menjadi peluang sumber ekonomi baru. 

“Panen kepiting ini merupakan program yang dijalankan oleh Pokdakan Tuah Ketam dengan support dari PT Timah Tbk, mulai dari bibit, serta pelatihan pada beberapa waktu yang lalu. Sehingga saat ini kita bisa menuai hasilnya,” katanya.

Diakuinya, memang ada beberapa kendala yang dihadapi dalam budidaya ini, diantaranya ialah persoalan pakan. 

“Panen ini tentunya memberikan hasil tambahan untuk nelayan dan anggota kelompok. Selain dari menjaring atau melaut dimana saat ini pandemi Covid-19 yang melumpuhkan segala lini perekonomian,” sebutnya.

Baca Juga :

Supiyanto mengharapkan, kedepannya PT Timah Tbk tetap berkolaborasi dengan kelompok mereka sehingga nantinya budidaya kepiting ini bisa terus berlanjut. Selain itu, direncanakan kedepannya pihkanya tidak hanya membudidayakan saja, melainkan juga akan melakukan pembibitan. 

“Kami menyampaikan terimakasih kepada PT Timah Tbk atas bantuan serta support nya kepada kelompok kita. Semoga program program yang ada di PT Timah senantiasa dapat di kolaborasi atau diselaraskan dengan kita para nelayan dan masyarakat sehingga sinergitas yang sudah terjalin dapat terjaga,” harapnya

Panen perdana ini turut dihadiri Kepala Desa Sawang Laut M. Isa, Kepala UPT Perikanan Pulau Kundur  Syamsurizal, Tim CSR PT Timah Tbk Eka Budhy Susanto dan anggota kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Tuah ketam Desa Sawang Laut. (Koko)

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories