Polri Apps
banner 728x90

Pemkab Batu Bara Buka Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten

Batu Bara, Owntalk.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara membuka secara resmi kegiatan rembuk stunting tingkat kabupaten di aula Singapore Land, Kecamatan Sei Balai, Jumat (27/8/2021).

Bupati yang diwakilkan Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Batu Bara, Rusian Herry dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan sumber daya manusia menjadi investasi utama untuk mewujudkan bangsa yang unggul dan berdaya saing tinggi.

“Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari sumber daya manusia. Dimana status gizi dan kesehatan termasuk indikator sumber daya manusia unggul di suatu negara. Oleh karena itu, pemenuhan gizi untuk menciptakan generasi yang sehat di masa depan sangat diperlukan,” ucapnya.

Kemudian, ia juga mengatakan, saat ini permasalahan gizi stunting (gagal tumbuh) menjadi isu utama yang wajib untuk segera dilakukan penanganannya, karena penyebab stunting tidak hanya rendahnya asupan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan, yakni sejak janin hingga bayi umur 2 tahun.

“Tetapi juga, buruknya fasilitas sanitasi, minimnya akses air bersih, dan kurangnya kebersihan lingkungan juga menjadi penyebab stunting,” ujarnya.

Baca Juga :

Selain itu, ia menjelaskan, bahwasanya Kabupaten Batu Bara telah ditetapkan sebagai kabupaten Lokus dalam penurunan masalah gizi stunting di Provinsi Sumatera Utara tahun 2021.

Menurutnya, ini merupakan langkah Pemkab Batu Bara untuk membangun kapasitas dan komitmen pemerintah daerah dalam merencanakan, mengimplementasi, memantau, dan mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka gagal tumbuh anak.

“Hal ini menjadi penting sebab pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah satu komitmen pencapaian pemerintah dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) SDG’s 2030,” pungkasnya. (Bolon)