PT Timah Bangun Tanggul Talud Untuk Cegah Abrasi

  • Bagikan

Kundur, Owntalk.co.id – PT Timah Tbk melaksanakan penambangan terintegrasi dengan menerapkan good mining practices. Sebagai perusahaan pertambangan, PT Timah konsisten untuk melakukan tanggung jawab lingkungan di masing-masing wilayah operasional perusahaan. Senin, (21/06/2021).

Tanggung jawab lingkungan yang dilakukan PT Timah Tbk diantaranya ialah dengan melakukan kegiatan pasca tambang dan reklamasi. Salah satu bentuk reklamasi yang dilakukan PT Timah di Kundur ialah dengan memasang tanggul penahan abrasi di beberapa titik pantai di Kecamatan Kundur Barat.

“PT Timah Tbk memasang tanggul penahanan abrasi di Pantai Ketapang atau Pantai Kundur Desa Kundur Kecamatan Kundur Barat sepanjang 960 meter. Tanggul tersebut mulai dipasang secara bertahap. Pada tahun 2017 sepanjang 200 meter, 400 meter tahun 2018 dan pada tahun 2019 sepanjang 360 meter,” dikutip dari siaran pers yang diterima Owntalk dari Humas PT Timah.

Keberadaan tanggul penahan abrasi ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di sekitar Pantai Ketapang.

Buyung seorang nelayan setempat menyampaikan apresiasi kepada PT Timah yang telah membangun tanggul penahanan abrasi ini, sehingga apabila air pasang tinggi, air tidak sampai naik ke rumah masyarakat di sekitar pantai, serta sampah yang terbawa ombak juga dapat terkumpul di tepi tanggul dan mudah untuk dibersihkan.

” Yang paling sangat dirasakan tidak terjadi lagi abrasi di sekitar pantai karena arus pasang cuma sampai di sekitar tanggul dan tidak naik lagi,” katanya.

Senada, Mawardi salah seorang nelayan juga menyampaikan dengan dipasangnya tanggul penahanan abrasi di sekitar Pantai Ketapang ini.

” Banyak manfaat yang dirasakan nelayan di sini, selain menahan tanah dari abrasi juga menambah kecantikan di pantai Ketapang ini,” sebutnya.

Camat Kundur Barat Murnizam juga mengapresiasi terhadap PT Timah yang telah memasang Tanggul penahan abrasi di Wilayah kerjanya seperti di Pantai Sawang, Pantai Kundur dan Pantai Teluk Dalam.dan kita lihat setelah di pasang Tanggul Penahanan abrasi banyak berdiri pondok pondok makan atau cafe sehingga ini menarik masyarakat untuk berkunjung ke pantai bersama keluarga sekedar untuk bersantai dan pasti roda ekonomi akan terus berputar.PT Timah terus berkontribusi untuk pembangunan di Wilayah. Selain itu, PT Timah juga mendukung kegiatan kegiatan kemasyarakatan.

“Semoga PT Timah dapat terus berkembang dan makin sukses sehingga dapat membantu masyarakat disekitar wilayah operasi,” ujarnya.

Selain membuat tanggul penahan abrasi, PT Timah juga melakukan penanaman mangrove di beberapa wilayah. Penanaman mangrove ini juga sebagai upaya PT Timah untuk menjaga eksosistem lingkungan.

Reklamasi lainnya yang dilakukan PT Timah yakni reklamasi laut dengan melakukan penenggelaman artificial reef seperti transplantasi karang dan fish shelter dibeberapa wilayah operasi seperti di Bangka Belitung.Selain itu, emiten berkode TINS ini juga melakukan restocking cumi sebagai upaya untuk pengkayaan populasi.(*/koko)

  • Bagikan