Polri Apps
banner 728x90

Pecah Rekor! Riau Menjadi Kota dengan Kasus Harian Covid-19 Tertinggi

Berita Terkini Batam

Batam, Owntalk.co.id – Per Rabu (26/5) penambahan kasus positif Covid-19 di Riau merupakan penambahan kasus
harian tertinggi di Indonesia. Tercatat oleh Satuan Tugas Covid-19 bahwa sejumlah 5.034 kasus di Indonesia, sebanyak 739 kasus berasal dari Riau.

Menurut Satgas Penanganan Covid-19, penambah kasus harian ini merupakan angka terbanyak sepanjang pandemi Covid-19 di Riau

Selain penyumbang jumlah kasus tertinggi, Riau juga menyumbang kasus kematian tertinggi karena Covid-19 dengan total data sebanyak 27 pasien yang dinyatakan meninggal dan 347 dinyatakan sembuh.

Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M. Si., mengungkapkan bahwa tingginya kasus harian di Riau ini disebabkan karena arahan Presiden untuk melakukan peningkatan terhadap pelacakan dan pengetesan sampel.

“Jadi ini meningkat naik karena sejak ada Presiden turun ke sini. Perintah beliau tracing dan testing ditingkatkan. Inilah yang terjadi. Kalau tracing tinggi, tentunya kasus naik drastis. Harapan kita semua fasilitas di Riau dibuka untuk penanganan COVID-19” kata Syamsuar saat ditemui di Balai Serindit, Riau, Kamis (27/05/2021).

Syamsuar juga menambahkan bahwa mayoritas pasien Covid-19 yang baru terdeteksi ini merupakan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Selain itu, ia pun menyebutkan tingginya angka pasien yang meninggal itu mayoritas pasien dengan lanjut usia.

“Kematian tinggi karena banyak yang kena adalah lansia. Jadi ini yang menjadi salah satu
penyebabnya,” kata Syamsuar. (Ir)