Gempa 6,2 MA Hancurkan Puluhan Rumah di Jawa Timur

  • Bagikan
Berita Terkini Batam

Jakarta, Owntalk.co.id – Gempa berkekuatan ma 6,2 terjadi di Kabupaten Blitar pada jumat (21/5) pukul 19.09. WIB.
Berdasarkan informas dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini terjadi 57 kilometer tenggara Blitar, dengan lokasi 8.63 LS,112.34 BT, kedalaman 110 kilometer dan dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Dampak gempa ini juga dirasakan banyak warga di Jawa Timur, Yogyakarta, hingga Bali. BPBD Jawa Timur mengatakan getaran gempa Blitar ini terasa di 31 Kabupaten / Kota di Jawa Timur. Dari keterangannya juga tercatat lima daerah mengalami kerusakan.

“Gempa bumi dirasakan di 31 kabupaten/kota di Jawa Timur dengan lima daerah terdapat kerusakan,” tulis Pusdalops BPBD Jawa Timur melalui rilis yang diterima.

Lima daerah yang mengalami kerusakan diketahui adalah Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Malang.

Hingga saat ini diketahui, di Kabupaten Blitar terdapat 14 rumah warga dan empat fasilitas umum warga rusak hingga satu orang mengalami luka berat.

Sementara di Kabupaten malang dilaporkan 28 rumah warga hingga 5 fasilitas umum telah rusak akibat gempa.

“Kabupaten Malang ada 28 rumah yang rusak, lima fasilitas umum rusak, satu orang luka ringan. Kabupaten Lumajang terdapat tiga rumah rusak,” jelas Pusdalops BPBD Jatim.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, mengungkapkan bahwa gempa yang berpusat di Blitar ini merupakan gempa dengan jenis menengah dan disebabkan oleh adanya subduksi di lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia.

“Gempa bumi ini dianalisis merupakan jenis gempa bumi menengah yang terjadi akibat subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjang di bawah lempeng Eurasia,” ungkap Dwikorita dalam konferensi pers Jumat malam. (Ir)

  • Bagikan