Polri Apps
banner 728x90

3 Tahun Berturut-turut, Pemkab Batu Bara Kembali Terima WTP

WTP

Medan, Owntalk.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara kembali menerima Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sumatera Utara untuk yang ketiga kalinya.

Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan di Medan dan diterima langsung oleh Bupati Batu Bara, Zahir, Selasa (11/5/2021).

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Batu Bara mengucapkan terima kasih kepada bapak Oktain Panjaitan yang telah menurunkan tim pemeriksa terinci Kabupaten Batu Bara, yang mana di bulan puasa ini tim pemeriksa sudah bekerja sangat lelah untuk membimbing 42 OPD kami dalam menyiapkan laporan yang berkaitan dengan aset/keuangan dan pekerjaan fisik,” ujar Bupati Batu Bara, Zahir saat menerima penghargaan tersebut.

Ia menjelaskan, hari ini merupakan tahun yang ketiga kalinya bagi pemerintahan Zahir-Oky menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK atau yang ke 13 kalinya sejak Kabupaten Batu Bara melakukan pemekaran.

“Pemerintah Kabupaten Batu Bara akan merencanakan lebih matang dan mengandalkan belanja sesuai dengan klasifikasi belanja agar reklas antar aset tetap tidak terjadi lagi,” pungkasnya.

Baca Juga :

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Batu Bara, Syafrizal mengatakan, tahun 2018 dan 2019, Kabupaten Batu Bara mampu memperoleh penilain atau opini dari BPK, yakni WTP.

“Kita patut bersyukur, bahwa laporan keuangan Kabupaten Batu Bara atas kinerja pemerintah daerah Kabupaten Batu Bara sesuai dengan opini BPK selama 2 tahun berturut-turut memperoleh Opini WTP,” ucapnya.

Menurutnya, para auditor perwakilan BPK Provinsi Sumatera Utara telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik di Kabupaten Batu Bara.

“Hal tersebut sesuai dengan peraturan BPK No. 3 Tahun 2016 tentang kode etik BPK, khususnya pasal 7 ayat 2 C dan pasal 7 ayat 2 K,” pungkasnya. (Bolon)