Polri Apps
banner 728x90

Indonesia Salah Satu Perlintasan Komunikasi Data Dunia

Dengan adanya proyek ini, Indonesia tentu sangat diuntungkan dengan adanya keberadaan infrastruktur telekomunikasi tersebut. Khusus di Indonesia saja, negara ini memiliki infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring. Infrastruktur telekomunikasi itu bertujuan agar masyarakat Indonesia bisa menikmati akses internet karena infrastruktur Palapa Ring menjangkau 57 kabupaten/kota dan wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) untuk mendukung tersebarnya internet cepat di Indonesia.

Tujuan yang sama juga diusung tiga pihak, Telin, Facebook, dan KMH sebagai bagian dari proyek Facebook Connectivity rampung pada pertengahan 2021. Saat ini perkembangan pembangunan serat optik telah mencapai 70%.

Menurut rencana, proyek kabel serat optik yang digelar akan menghadirkan jaringan internet cepat di 61 kabupaten/kota dengan 2.450 desa. Seandainya 1 desa berpenduduk 5.000 orang, jumlah penduduk yang terjangkau sekitar 12 juta.

Adanya infrastrutur ini juga bisa sebagai sistem cadangan untuk mengantisipasi putusnya jalur yang berada di Jepang atau jalur konvensional. Artinya, keberadaaan infrastruktur itu semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai pemimpin ekonomi digital di kawasan Asia Pasifik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *