Indonesia Salah Satu Perlintasan Komunikasi Data Dunia

  • Bagikan

Jakarta, Owntalk.co.id – Pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang pesat telah menjadi incaran pelaku bisnis dunia. Mereka melihat pasar Indonesia pasar masa depan ekonomi digital skala global yang patut dilirik. Dalam berbagai kesempatan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pernah merilis bahwa potensi ekonomi digital di Indonesia pada 2025 mencapai USD113 miliar. Pada 2019, ekonomi digital Indonesia tercatat yang terbesar di Asia Tenggara dengan nilai USD40 miliar.

Prediksi kementerian di bawah Airlangga Hartarto itu tidak berbeda jauh dengan proyeksi e-Conomy SEA 2020 yang pernah dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain & Company. Mereka memprediksi ekonomi digital di Indonesia tumbuh hingga dua digit, bahkan memberikan kontribusi yang positif terhadap perekonomian Indonesia.

Tak hanya itu, Google juga memprediksi ekonomi digital Indonesia akan memberikan kontribusi pada perekonomian sebesar USD124 miliar pada 2025. Meskipun wabah pandemi masih melanda Indonesia dan dunia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate pun sangat gembira dengan pertumbuhan ekonomi digitaldi Indonesia yang ternyata masih tumbuh positif.

Tahun lalu, valuasi ekonomi digital Indonesia naik dari USD40 miliar menjadi USD44 miliar. Dan pada 2025, valuasi ekonomi digital Indonesia akan mencapai USD130 miliar atau Rp1.820 triliun (jika kurs Rp14 ribu per USD). “2025 ekonomi digital kita setidaknya memiliki valuasi di atas USD130 miliar, valuasi ini menjadikan Indonesia sebagai pasar ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” kata Johnny, dalam video virtual, Senin (5/4/2021).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *