Karhutla di Kundur Utara Hanguskan Satu Rumah Warga

  • Bagikan
Berita TerkiniBatam
Hutan dan lahan gambur di Kundur Utara dilalap si jago merah (Foto: Koko/Owntalk)

Karimun, Owntalk.co.id – Kebakaran hutan di lahan gambut (Karhutla) terjadi wilayah Tanjung Berlian Kundur Utara, Karimun provinsi Kepri, hampir sebagian besar wilayah tersebut diselimuti kabut asap, Sabtu (27/02/2021).

Kapolsek Kundur Utara, AKP Suryanto, waktu di konfirmasi mengenai terjadinya Karhutla di Kundur Utara mengatakan, terdapat sebuah rumah warga yang ikut terbakar didaerah tersebut.

“Ada satu rumah warga yang terbakar, karna rumah tersebut terletak di lahan gambut yang terbakar, tapi untungnya tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kebakaraan tidak lebih luas lagi, pihaknya bersama berjibaku memastikan supaya api tidak merebak luas kedaerah lainnya.

“Kita sampai saat ini masih di lokasi, dan sudah ada beberapa titik api yg kita padamkan,” katanya

AKP Edy Suryanto menerangkan, walaupun titik api sebagian wilayah sudah berhasil dipadamkan, asap tebal masih membumbung diatas langit wilayah Tanjung Berlian dan sekitarnya.

“Karna lahan yang terbakar tanah gambut, kabut asapnya masih terus ada, tapi untuk jarak pandang masih dalam katagori aman,” tambahnya

Kebakaran hutan dan lahan ini menjadi momok bagi masyarakat dan pemerintah daerah sejauh ini, efek yang ditimbulkan karthula ini sangat merugikan dari segala sektor, bahkan bagi untuk kesehatan masyarakat itu sendiri.

Sejauh ini belum diketahui siapa dalang dibalik terbakarnya hutan dan lahan gambut di Kundur Utara ini. Akan tetapi, pihak kepolisian sudah menyatakan akan memberi sanksi yang tegas bagi perlaku.

(*/ Koko)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *