Polri Apps
banner 728x90
Tips  

Cara Mengirim Tulisan Opini/Kritik dan Esai ke Owntalk.co.id

berita terkini batam
(Foto: Owntalk)

OPINI adalah suatu sikap atau pendapat seseorang mengenai sebuah keadaan yang pernah ataupun belum terjadi. Opini sangat dipengaruhi oleh perasaan, pemikiran, perspektif, keinginan, sikap, pengalaman, pemahaman, keyakinan setiap individu.

Jadi, opini antara satu orang dengan orang lainnya cenderung tidak sama sebab dipengaruhi pola pikir, pengetahuan, serta lingkungan dalam menanggapi suatu persoalan.

Sedangkan Kritik adalah karangan yang ditujukan untuk menanggapi suatu persoalan dan hal dan Esai merupakan karangan pribadi tentang apa saja.

Membuat kritik dan esai dapat membantu kita melatih kemampuan menulis.

Menulis merupakan cara efektif untuk menata logika berpikir dan mengasah kepekaan. Dikutip dari Bahan Ajar Mata Kuliah Kritik Sastra (2018) karya Dina Gasong, kritik lahir karena manusia ingin mencari jawaban berarti.

Menulis kritik merupakan cara kita memberikan tanggapan atau komentar atas suatu hal melalui tulisan, dengan teori dan metode tertentu. Sedangkan Jos Daniel Parera dalam Menulis Tertib dan Sistematik Edisi Kedua (1993) berpendapat, esai merupakan sebuah karangan atau tulisan dalam bentuk prosa tentang apa saja. Esai menjadi sarana untuk saling mengungkapkan gagasan melalui tulisan.

Untuk kamu yang ingin mengirimkan tulisan mengenai Opini/Kritik dan Esai atau Pemuatan Karya Sastra (Puisi, Cerpen, Esai, Kritik Resensi, Peristiwa Budaya dan tulisan sastra lainnya) kamu dapat mengirim ke email anwaranas@owntalk.co.id atau bisa whatsapp ke: 085265023765. Email dan nomor WA tersebut hanya melayani pengiriman tulisan diatas (tidak untuk berita).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *