Polri Apps
banner 728x90

Tekanan AS ke China: Mengirimkan Armada Tempur?

berita terkini batam
(Foto: Owntalk)

Amerika Serikat, owntalk.co.id – Kapal perang Amerika srikat (AS) dilaporkan mulai bergerak memasuki LCS. Dua kapal perang milik AS tersebut dilaporkan memasuki perairan itu melalui Filipina

Washington berusaha keras untuk menghentikan Beijing dari eksplorasi yang lebih luas di jalur vital maritim dunia itu.

Seorang peneliti senior di Institut Penelitian Studi Militer Angkatan Laut PLA menilai langkah tersebut sangatlah provokatif . Zhang Junshe, mengatakan langkah AS itu merusak perdamaian di kawasan.

“Masuknya kapal perang AS ke Laut China Selatan sekali lagi menunjukkan bahwa AS adalah perusak perdamaian dan stabilitas regional, dan tidak disambut baik oleh negara-negara kawasan yang baru saja bergabung dalam kerangka RCEP dengan China,” tutur Zhang. dikutip dari GlobalNews

AS juga pernah mengirimkan pesawat intai untuk melihat kegiatan China yang melakukan beberapa pembangunan dan eksplorasi di wilayah sengketa kepulauan Spratly dan Paracel.

Tidak hanya melalui tekanan militer, AS juga mengirimkan pejabat tinggi pentagon ke beberapa negara seperti Indonesia dan Filipina. Hal tersebut dilakukan untuk mengeratkan kembali hubungan pertahanan dan keamanan di LCS.

(Arini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *