Polri Apps
banner 728x90

WASPADA! TRAGEDI 11.11 CUMA PENIPUAN!!

berita terkini batam
(Foto: Owntalk)

Jakarta, Owntalk.co.id – Hayooo siapa nih yang baru baca judulnya aja udah kesel? Pasti udah pada habis banyak ya waktu hari belanja online kemarin? Setiap tanggal dan bulan yang double emang marak banget kan dianggap sebagai hari belanja online nasional dibulan itu.

Nah, hal ini pun kerap dimanfaatkan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan dalam bentuk penipuan siber dengan phising. Dikarenakan pesta diskon 11.11 ini menarik perhatian seluruh lapisan masyarakat, maka acap kali disebarkan serangan berupa malware yang menyamar sebagai aplikasi e-commerce yang lagi digandrungi masyarakat. Orang-orang bisa jadi cenderung hilang kewaspadaan dan menganggap bahwa malware yang menyamar tersebut adalah situs resmi.

Kejahatan siber dengan teknik phising ini sangatlah merugikan, karena informasi terkait data pribadi, data akun, bahkan data rekening dapat diketahui dengan cara melakukan pengelabuan. Hal ini dilakukan dengan membuat halaman palsu yang tampilannya dibuat persis seperti website yang asli untuk menjebak seseorang. Akibatnya informasi terkait data korban akan dimanfaatkan oleh pelaku, seperti dengan mengakses detail kartu kredit untuk menarik uang dari akun bank korban. Duhh serem banget kan kalau semua uang yang ada direkening bank kita lenyap begitu saja karena kelalaian kita dalam menjaga informasi data pribadi yang seharusnya dirahasiakan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita terhindar dari kejahata siber yang berupa phising:

  • Jangan klik tautan apapun dari eman juga sms yang mencurigakan
  • Jangan mudah percaya pada pesan undian berhadiah
  • Selalu waspada setiap menerima email dan pesan dari orang yang tidak dikenal
  • Mengubah password secara berkala
  • Memeriksa akun secara rutin
  • Memastikan ejaan URL website yang dibuka resmi dan memiliki SSL (HTTPS)

Nahh, mulai sekarang selalu tingkatkan kewaspadaan yaa. Banyak banget kejahatan siber yang mengancam keamanan data kita, stay safe!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *