Polri Apps
banner 728x90

Apa Itu Direct and Indirect Objects? Apa Contohnya?

berita terkini batam
(Foto: Owntalk)

Owntalk.co.id – Elemen yang paling penting dalam membangun sebuah kalimat bahasa Inggris adalah subjek Dalam sebuah kalimat, objek merupakan orang atau benda yang menerima tindakan dari kata kerja.

Objek adalah mengenai siapa atau terhadap apa si subjek melakukan sebuah kegiatan. Selain itu, objek biasanya diletakan setelah predikat.

Secara umum, terdapat dua kategori object di dalam bahasa Inggris yaitu direct object atau objek langsung dan indirect object atau objek tidak langsung.

Direct objects atau obyek langsung adalah noun atau pronoun yang menjawab pertanyaan apa (what?) dan siapa (whom?) yang menerima aksi dari subyek.

Sebagai contoh : Don married Diana. Pertanyaannya adalah whom did Don marry? Siapa yang Don nikahi? Jawabannya adalah, Diana. Maka, “Diana” adalah direct object karena “Diana” yang menerima aksi yang Don lakukan.

Sedangkan, Indirect Objects biasa digunakan untuk menerangkan, untuk apa atau untuk siapa ( to whom, for whom, for what) sesuatu yang dilakukan oleh action verb dalam kalimat transitif.

Sebagai contoh : Ella bought her mum some flowers.
Pertanyaannya adalah For whom Ella buy some flowers? Untuk siapa Ella membelikan bunga? Jawabannya adalah Her Mum. Maka “Her Mum” adalah indirect object, Karna ella membelikan untuk Ibunya “Her Mum”.

Sumber : berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *