Swiss-Belinn-Promotion

3 Jenis Klasifikasi Agama

berita terkini batam
(Foto: Owntalk)

Jakarta, Owntalk.co.idAgama adalah sistem yang mengatur kepercayaan dan peribadatan Kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatanan kehidupan.

Ada 3 Jenis Klarifikasi Agama, Yakni :

1). Wahyu dan Non-wahyu

  • Agama wahyu adalah agama yang menghendaki iman kepada Tuhan, kepada rasul-rasul-Nya dan kepada kitab-kitab-Nya serta pesannya disebarkan kepada segenap umat manusia. Agama wahyu timbul di daerah-daerah yang secara historis dibawah pengaruh ras semitik, sumber utama ketentuan baik dan buruk dalam agama adalah kitab suci dan terlahir di Timur Tengah bersifat misionaris, jelas dan tegas. Agama wahyu memberikan arah dan jalan yang lengkap bagi pemeluknya. Yang termasuk agama wahyu adalah Yahudi, Kristen, dan Islam.
  • Agama non-wahyu adalah agama yang tidak memandang esensial penyerahan manusia kepada tata aturan ilahi, ketentuan baik dan buruknya bukan sumber utama dari kitab suci, terlahir di luar area Timur Tengah dan luar wilayah pengaruh ras semitik. Ajaran agama non-wahyu bersifat tidak misionaris, kabur dan sangat elastis. Agama non-wahyu memberikan arah dan jalan yang hanya pada aspek tertentu saja. Yang termasuk agama non-wahyu adalah Hindu, Budha, Confusionisme.

2).  Misionaris dan Non-misionaris

  • Agama misionaris adalah agama yang ajarannya mengharuskan penganutnya menyebarkan kepada seluruh manusia. Agama yang tergolong misionaris hanya Islam. Akan tetapi pada perkembangan berikutnya, Kristen dan Budha menjadi agama misionaris.
  • Agama non-misionaris adalah agama yang ajarannya tidak mengharuskan penganutnya menyebarkan kepada seluruh manusia.

3).  Rasial dan Universal

Ditinjau dari segi rasial dan geografis agama di dunia terbagi menjadi tiga golongan : semitik, arya, dan mongolia. Yang termasuk agama simitik adalah Yahudi, Kristen, Dan Islam. Sedangkan yang tergolong arya adalah Hindu, Jainisme, Sikhiisme, Zoaterianisme. Sedangkan yang tergolong mongolian adalah Confusionisme, Taoisme, dan Shintoisme.

(dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *