Komet NEOWISE Belum Terlihat, Begini Waktu Terbaiknya

  • Whatsapp
Ilustrasi komet, doc: Google

Jakarta, owntalk.co.id – Hingga hari Senin (20/7/2020), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan komunitas Langit Selatan belum dapat melihat Komet NEOWISE (Near Earth Object Wide-field Infrared Survey Explorer) di langit Indonesia.

Sebelumnya LAPAN mengatakan komet ini dapat dilihat setelah matahari terbenam mulai 19 hingga 25 Juli 2020. Dengan waktu pengamatan terbaik adalah 23 Juli.

Dilansir dari CNNIndonesia. Rhorom Priyatikanto selaku Peneliti LAPAN mengatakan sulitnya pengamatan komet NEOWISE pada Senin (20/7/2020) disebabkan kondisi cuaca dan masih rendahnya ketinggian komet.

Menurut Rhorom, LAPAN telah berusaha mengamati sejumlah lokasi. Mulai dari Kupang hingga Agam/Bukittinggi. Pengamatan juga akan terus dilakukan.

Rhorom mengatakan pengamatan terbaik adalah sekitar pukul 06.00 WIB. Menurut Rhorom, jendela waktu pengamatan akan bertambah seiring waktu.

“Jendela waktu pengamatan komet bertambah seiring waktu. Karena, komet makin tinggi tapi komet makin redup karena makin jauh dari Matahari,” kata Rhorom.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *