Bilang ke Pak Luhut : Rizal Ramli Terima Tantangan Debat Tentang Utang Negara

  • Whatsapp
RIzal Ramli menyatakan siap berhadapan dengan dengan Luhut Binsar Panjaitan. (Foto : Ist)

Jakarta, owntalk.co.id – Pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang meminta agar pengkritik pemerintah langsung bertatap muka dan berdebat dengannya akhirnya diterima oleh Rizal Ramli.

Tantangan Luhut yang menyebutkan pengkritik pemerintah jangan hanya berkoar-koar dimedia sosial saja diterima oleh Rizal Ramli. Pernyataan itu disampaikan melalui Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi yang mewakili Rizal Ramli.

“Apa yang disampaikan oleh Bang Rizal ini dan akhirnya bersedia menjawab tantangan Luhut Pandjaitan,” kata dia di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (10/6/2020).

Bahkan tak tanggung-tanggung, Rizal Ramli pun meminta agar debat yang dilakukan nantinya itu, luhut harus bersama dengan Menteri Keuangan, Menko Ekonomi atau menteri-menteri lain yang dianggap kompeten untuk berdebat dengan dirinya seorang.

Jika kalah, Rizal Ramli berjanji berhenti mengkritik kebijakan pemerintah.

“Rizal Ramli ini kan bukan tokoh kaleng-kaleng. Ketika dia mau keluar menentang kabinet tim ekonomi itu harus ada apa yang dipertaruhkan. Jadi kemarin Rizal Ramli bersedia kalau dia kalah dia tidak akan mengkritik kebijakan ekonomi pemerintahan. Tetapi kalau tim ekonomi (Presiden) Joko Widodo yang kalah, dia minta semua menteri itu untuk mundur,” kata Adhie.

Melalui hal tersebut, Rizal semata ingin mengingatkan pemerintah bahwa setiap kebijakan yang dikeluarkan harus dapat dipertanggungjawabkan.

“Jadi itu pertaruhannya sehingga masyarakat juga, publik juga melihat bahwa kebijakan ini sungguh-sungguh memperhitungkan rakyat atau tidak. Jadi dengan demikian kan akan lahir tradisi setiap kebijakan pemerintah itu mempertaruhkan nasib rakyat dan nasib pembuat kebijakan,” jelasnya.

Bendahara Umum ProDem Adam Wahab yang akan mempromotori debat tersebut mengatakan akan ada juri yang menentukan siapa pemenang debat tersebut.

“Setiap debat ada juri karena akan ditentukan debat itu siapa yang unggul. Jadi juri itu nanti saya minta dari kedua belah pihak. Kalau dari Pak Luhut Binsar Panjaitan setuju, saya minta tim dari dia dan tim dari Bang Rizal bertemu dengan saya dan tim saya untuk memformulasikan format. Tapi biar fair saya minta nama-nama juri dari mereka (pemerintah) dan nama-nama juri dari pihak Bang Rizal. Dan nanti akan ada juga juri dari saya,” jelasnya. (Agung)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *