Polri Apps
banner 728x90
Berita  

Menlu Retno Akan Suarakan Isu Palestina di Pertemuan ASEAN

Men;u RI, Retno Marsudi. (Dok; Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, Owntalkc.o.id – Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto Suryodipuro, mengungkapkan bahwa Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan terus menyuarakan isu Palestina dalam ASEAN Ministerial Meeting (AMM) yang digelar pekan ini di Laos.

“Ini akan menjadi pesan konsisten yang akan disampaikan Bu Menlu dalam pertemuan-pertemuan tersebut,” kata Sidharto, yang akrab disapa Arto, di Jakarta, Jumat, 19 Juli 2024.

Indonesia juga akan memanfaatkan AMM dan Post Ministerial Conference (PMC) ini untuk mendorong semakin banyak negara-negara ASEAN mengakui kedaulatan Palestina.

“Indonesia akan mendorong lebih banyak negara ASEAN untuk mengakui kedaulatan Palestina,” tegasnya.

Retno Marsudi dijadwalkan menghadiri ASEAN Ministerial Meeting serta ASEAN Post Ministerial Conference (AMM-PMC) di Vientiane, Laos, yang rangkaiannya sudah dimulai sejak kemarin.

Arto menyebutkan bahwa Menlu Retno akan menghadiri setidaknya 19 pertemuan, termasuk konsultasi informal mengenai Troika Myanmar.

“Pertemuan dimulai dengan pertemuan komite perwakilan asing pada Senin (22/7/2024), dan pertemuan pejabat senior tingkat ASEAN pada Selasa, 23 Juli,” jelasnya.

Selain itu, Menlu Retno juga akan menghadiri pertemuan tingkat menteri East Asia Summit (EAS) ke-14, pertemuan tingkat menteri ke-25 ASEAN Plus Three (APT) antara anggota ASEAN dan China, Jepang, serta Korea Selatan, dan Forum Regional ASEAN (ARF) ke-31.

“Dalam sesi plenary AMM, Menlu akan mendorong keberlanjutan agenda prioritas yang dicapai dalam keketuaan Indonesia di ASEAN tahun lalu,” ucap Arto.

Pada pertemuan retret AMM dan Troika Myanmar, Menlu Retno akan menegaskan kembali pentingnya kesinambungan penerapan Lima Poin Konsensus (5PC) dan strategi penyaluran bantuan kemanusiaan untuk Myanmar.

“Sebagai negara koordinator hubungan ASEAN dengan Amerika Serikat (AS), Menlu juga akan memimpin pertemuan PMC ASEAN-AS dengan Menteri Luar Negeri AS,” tutup Arto.

Dengan kehadirannya yang aktif dan vokal dalam berbagai forum, Menlu Retno Marsudi menunjukkan komitmen kuat Indonesia untuk terus mendukung Palestina dan menjaga stabilitas kawasan melalui kerja sama yang erat di ASEAN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *