Polri Apps
banner 728x90

Tiga Peran Kominfo Dalam Keketuaan ASEAN 2023

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong. (Dok; Istimewa).

Jakarta, Owntalk.co.id – Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo, Usaman Kansong mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memiliki tiga peran dalam momentum Keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Jakarta, Jumat (27/1/2023).

Tiga peran itu dalam hal penyediaan infrastruktur komunikasi, melakukan komunikasi publik, dan men- deliver terkait substansi digitalisasi dan ekonomi digital.

“Peran Kominfo itu ada tiga, yang pertama kita akan menyediakan infrastruktur komunikasi, jaringan internet misalnya, supaya proses summit nanti atau side event-side event -nya nanti berlangsung secara baik, komunikasinya lancar,” ujar Usman.

Peran kedua adalah melakukan komunikasi publik Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 dengan memfasilitasi peliputan media di berbagai kanal, termasuk dengan membuat Media Center.

Selain itu, Kementerian Kominfo juga melakukan amplifikasi berbagai acara sampingan ( side event ) terkait dengan pertemuan puncak ASEAN yang akan berlangsung dua kali, yakni Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada Mei 2023 di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan KTT ASEAN Plus di Jakarta pada September 2023 mendatang.

“Misalnya hari Minggu besok 29 Januari 2023 akan ada Kick Off (Keketuaan ASEAN Indonesia 2023) di Bundaran Hotel Indonesia. Kami akan melakukan liputan, kami mengundang media, kami meminta TVRI untuk melakukan siaran langsung,” kata Dirjen IKP Kominfo.

Sedangkan peran Kominfo ketiga adalah melakukan penyampaian substansi terkait digitalisasi dan ekonomi digital yang menjadi salah satu pembahasan dalam pertemuan pemimpin negara-negara ASEAN.

“Nah di situ peran Kominfo juga besar dalam hal substansi dalam hal pembicaraan pembicaraan terkait dengan perkembangan dunia digital di negara-negara ASEAN,” jelas dia.

Usman juga mengatakan, peran Kementerian Kominfo diharapkan bisa membantu himbauan tiga target dalam Keketuaan ASEAN Indonesia 2023, yakni sukses penyelenggaraan, sukses komunikasi publik dan sukses substansi.

Dalam hal itu, Usman menjadikan penyelenggaran Presidensi G20 2022 sebagai standar atau benchmark dalam Keketuaan ASEAN Indonesia 2023, peliputan dan pemberitaan di media lokal dan asing positif, serta memiliki hasil konkrit yang bisa diterapkan atau konkrit deliverables.

“Jadi sukses penyelenggaraan, sukses komunikasi publik kemudian sukses substansi. Substansi itu yang menjadi target KTT ASEAN 2023,” tutur Usman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *