Polri Apps
banner 728x90

Rakor Persiapan PIN Polio 2024: Upaya Memutus Mata Rantai Penularan Polio

Kepala Dinkes-PPKB Lingga, dr. Bukit saat saat memberikan arahan. (Sumber. Diskominfo)

Lingga, Owntalk.co.id – Dalam rangka persiapan Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahun 2024, Dinas Kesehatan-PPKB Lingga bekerja sama dengan TP-PKK Kabupaten Lingga menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan berbagai stakeholder terkait diruang Rapat Kantor Bupati Lingga pada Senin, (08/07/2024).

Rakor ini bertujuan memberikan pemahaman kepada para stakeholder terkait pentingnya pelaksanaan PIN Polio guna memutus mata rantai penularan virus Polio di Indonesia.

Selain itu, rapat ini juga membahas tugas masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh peserta dalam mensukseskan PIN Polio yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 hingga 29 Juli 2024 untuk putaran pertama, dan tanggal 6 hingga 12 Agustus 2024 untuk putaran kedua.

Meski kasus polio di Lingga dan Kepulauan Riau saat ini tidak ada, langkah ini diambil sebagai tindakan pencegahan agar wilayah ini tetap bebas dari polio.

Kepala Dinas Kesehatan-PPKB Lingga melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Wirawan Trisna mengatakan bahwa Dinkes-PPKB Lingga berkomitmen dalam mensukseskan PIN nantinya.

“Rakor ni merupakan langkah awal kami dari Dinkes-PPKB Lingga bersama pihak terkait untuk pelaksanaan, agar pas pelaksanaan nantinya bisa berjalan dengan lancar,” kata Wirawan kepada Owntalk.co.id, Senin, (08/07/2024).

Wirawan menambahka, pelaksanaan nantinya akan dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia pada akhir bulan mendatang.

“Pelaksanaannya nanti akan berlangsung di seluruh posyandu pada setiap Kelurahan Desa, dengan sasarannya pada anak usia 0-5 tahun. Sedangkan untukt anak-anak sekolah yang berusia 5 sampai dengan 7 tahun 11 bulan (PAUD,TK,SD), dilakukan pada tanggal 23 juli di sekolahnya masing-masing,” terangnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Lingga, Maratusholiha Nizar, menekankan pentingnya semangat dan kerja sama dari semua pihak untuk menyukseskan PIN Polio.

“Saya yakin dan percaya, mudah-mudahan PIN polio kita ini nanti bisa mencapai 100 persen juga,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Lingga, Kepala Dinas Kesehatan PPKB, Kadisdikpora, Dinsos, Dinas Pemdes, Diskominfo, Kemenag, Camat se-Kabupaten Lingga, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Lingga, Kapolsek Daik, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Lingga, serta perwakilan kader dari masing-masing kecamatan.

Dengan kerja sama semua pihak, diharapkan pelaksanaan PIN Polio 2024 dapat berjalan lancar dan mencapai target imunisasi yang diharapkan, sehingga tercipta generasi yang sehat dan bebas polio.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *