Polri Apps
banner 728x90

PDAM Tirta Lingga Gelar Groundbreaking Embung Gemuruh Pipa Air Berusia 50th Diganti

Bupati Lingga M. Nizar bersama Kepala SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air BWSS IV Batam, Asyari, melakukan penanaman pipa sebagai tanda dimulainya pengerjaan proyek ini. (Sumber. Faisal)

Lingga, Owntalk.co.id – PDAM Tirta Lingga mengadakan Groundbreaking untuk pekerjaan optimalisasi pemanfaatan embung Gemuruh dan pemasangan pipa transmisi air baku di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Sabtu (8/6/2024).

Acara ini berlangsung di kantor PDAM Tirta Lingga dan menandai awal dari proyek penting yang sudah lama dinantikan oleh masyarakat setempat.

Pipa transmisi atau pipa induk yang saat ini digunakan telah beroperasi sejak tahun 1974, sehingga sudah hampir 50 tahun masyarakat menggunakan air dari pipa tersebut. Namun, pipa ini belum pernah diganti sejak pertama kali dibangun.

Berkat kolaborasi antara Dinas PUTR Lingga dan PDAM Tirta Lingga, serta dukungan dari Kementerian PUPR melalui BWSS IV Batam, penggantian pipa induk ini akhirnya dapat direalisasikan pada tahun 2024.

Kepala SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air BWSS IV Batam, Asyari, mengatakan bahwa progres pengerjaan sudah mencapai 10,2 persen.

“Pipa ini akan digunakan untuk suplai air baku dari embung Gemuruh ke rumah-rumah warga di Dabo Singkep,” ujarnya pada Sabtu, (08/06/2024).

Untuk diketahui, pengerjaan pipa yang berukuran panjang mencapai 7.600 meter atau 7,6 km dengan kapasitas 10 liter per detik ini ditargetkan rampung pada akhir tahun nanti.

“Kami berharap pengerjaan ini dapat selesai 100 persen pada akhir November 2024,” tambah Asyari.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Lingga, M. Nizar S.Sos., menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR, khususnya BWSS IV Batam, yang telah mengakomodir usulan-usulan yang diajukan.

“Sejak berdirinya PDAM Tirta Lingga, belum pernah terjadi pergantian pipa induk dan alhamdulillah di tahun 2024 ini baru terealisasi,” ungkapnya Nizar disela wawancara.

Nizar juga menjelaskan bahwa pipa eksisting sepanjang 8 km yang mengalirkan air baku ke tempat penampungan saat ini masih bisa dimanfaatkan.

“Kami berharap dengan pipa baru yang tidak bocor ini, pelayanan air bersih untuk masyarakat di gugusan kota Dabo Singkep bisa lebih baik,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Lingga M. Nizar bersama Kepala SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air BWSS IV Batam, Asyari, melakukan penanaman pipa sebagai tanda dimulainya pengerjaan proyek ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *