Polri Apps

Keindahan Alam Indonesia Mendunia: Bromo Taman Terindah Ketiga di Dunia

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. (Dok; Rainbow)

Jakarta, Owntalk.co.id – Indonesia, dengan kekayaan alamnya yang memukau, terus mengukir prestasi dalam sektor pariwisata. Menurut sebuah studi yang dilansir oleh situs webmoney.co.uk pertengahan 2023, Indonesia memuncaki peringkat sebagai destinasi alam terindah di dunia.

Keindahan alam Indonesia, seperti Taman Nasional Komodo (Situs Warisan Dunia UNESCO), Sumatra dengan hutan tropisnya, dan Kalimantan sebagai rumah bagi orangutan, menjadi daya tarik utama yang membawa Indonesia ke puncak prestasi ini.

Belum lama ini, platform layanan perjalanan Bounce, yang berbasis di San Francisco, California, Amerika Serikat, merilis laporan “The World’s Most Beautiful Parks 2023,” menempatkan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sebagai taman nasional terindah ketiga di dunia.

Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan meraih peringkat pertama sebagai taman nasional terindah di dunia, diikuti oleh Taman Nasional Lenis Maranhenses di Brasil di posisi kedua.

Metode penilaian yang dilakukan oleh Bounce, seperti dikutip dari laman TourScanner.com, melibatkan penilaian terhadap 100 taman nasional terbaik di dunia. Tim riset Bounce menghitung skor berdasarkan jumlah unggahan di Instagram, penayangan di TikTok, penelusuran Google dari Oktober 2022 hingga September 2023 menurut Google Ads, dan ulasan terhadap setiap taman nasional di Google.

Berdasarkan penghitungan skor tersebut, Bounce mencatat bahwa unggahan terkait Bromo Tengger Semeru telah ditonton sebanyak satu miliar kali di TikTok selama setahun terakhir dan lebih dari 930 ribu postingan di Instagram dalam satu tahun terakhir. Taman nasional ini juga mendapatkan ulasan yang sangat baik, mencapai 4,8 bintang.

Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan, yang menempati posisi teratas sebagai taman nasional terbaik dunia 2023, meraih skor 8,29 poin. Taman Nasional Kruger mencatat lebih dari 900 ribu unggahan di Instagram selama Oktober 2022 hingga September 2023. Taman nasional tertua di Afrika Selatan ini menjadi surga bagi satwa liar.

Sementara itu, Taman Nasional Lencois Maranhenses di Brasil menduduki posisi runner-up dengan skor 7,90 poin. Taman ini menampilkan pemandangan yang menakjubkan dan menjadi habitat bagi satwa langka.

Berikut adalah daftar lengkap 10 taman nasional terindah di dunia tahun 2023 versi Bounce:

  • Kruger (Afrika Selatan): 8,29 poin
  • Lencois Maranhenses (Brasil): 7,90 poin
  • Bromo Tengger Semeru (Indonesia): 7,89 poin
  • Serengeti (Tanzania): 7,37 poin
  • Plitvice Lakes (Kroasia): 7,24 poin
  • Zhangjiajie (Tiongkok): 6,05 poin
  • Fuji Hakone Izu (Jepang): 5,66 poin
  • Victoria Falls (Zimbabwe): 5,40 poin
  • Etosha (Namibia): 5,13 poin
  • Jim Corbett (India): 4,87 poin

Namun, perlu dicatat bahwa kawasan TNBTS menghadapi tantangan serius baru-baru ini. Pada 6 September 2023, terjadi kebakaran hutan dan lahan di kawasan ini akibat flare yang digunakan oleh sekelompok orang untuk foto prewedding. Akibatnya, Gunung Bromo ditutup total selama 6 hingga 18 September 2023, dan area seluas 504 hektare dilaporkan mengalami kerusakan senilai Rp5,4 miliar.

Kawasan TNBTS, yang mencakup empat kabupaten di Jawa Timur (Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang), termasuk dalam wilayah konservasi yang terdaftar di UNESCO sebagai World Network of Biosphere Reserves. Kawasan ini melibatkan ekosistem gurun pasir, padang savana, dan Bukit Teletubbies yang unik.

Tidak hanya menawarkan keindahan alam, TNBTS juga menyimpan kekayaan budaya Suku Tengger yang menambah daya tarik wisata di Bromo. Meskipun mengalami cobaan baru-baru ini, pesona Bromo tetap menarik banyak wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Di dalam kawasan TNBTS, terdapat Gunung Bromo, sebuah gunung berapi aktif yang menjadi objek wisata utama di Jawa Timur. Meskipun kejadian flare menyebabkan penutupan sementara, kunjungan wisatawan tetap tinggi. Data Balai Besar TNBTS pada 29 Oktober 2023, mencatat kunjungan mencapai 2.278 orang, dengan 1.532 orang pada 28 Oktober 2023. Dalam satu pekan terakhir, kunjungan mencapai 5.839 orang.

Dari total jumlah kunjungan wisatawan ke Bromo sepanjanh 2022, diketahui Pendapat Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp11,65 miliar, meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya, sebanyak Rp4,85 miliar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *