Polri Apps

Ketua Bawaslu Lingga Yakin SDM PKD di Pulau Pekajang Berkompeten

Ketua Bawaslu Lingga, Fidya Asrina.

Lingga, Owntalk.co.id – Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Lingga, Fidya Asrina, menegaskan keyakinannya terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa di Pulau Pekajang.

Keyakinan ini muncul dalam rangka memastikan pencegahan tindak kecurangan selama pelaksanaan pemilu di wilayah tersebut, yang sebelumnya telah menjadi perhatian utama. Hal ini disampaikan dalam sesi pembekalan ilmu untuk para pengawas pemilu pada Senin, (11/12/2023).

Pada sesi Curhat Kamtibmas sebelumnya, Kapolres Lingga mencatat bahwa Pulau Pekajang diidentifikasi sebagai salah satu titik rawan potensi pelanggaran pemilu.

Fidya Asrina menjelaskan bahwa pihaknya telah memfokuskan upaya pada penguatan SDM Pengawas Pemilu di Kelurahan/Desa terkait.

“Mengingat kondisi geografis dan sinyal yang ada, langkah terbaik yang dapat kita lakukan adalah memperkuat SDM yang sudah ada. Di Pulau Pekajang, kita memiliki Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) yang sudah direkrut khusus untuk melakukan pengawasan di sana,” ungkap Fidya pada Senin (11/12).

Lebih lanjut, Ketua Bawaslu Lingga menyampaikan bahwa lembaga yang dipimpinnya terus melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap berbagai tahapan, mulai dari masa kampanye hingga mendekati pelaksanaan pemilu pada tahun 2024.

“Kami selalu melakukan pemantauan bersama anggota lainnya untuk mengawasi jalannya kampanye hingga mendekati pelaksanaan pemilu, bertujuan untuk mencegah terjadinya kecurangan selama penyelenggaraan pesta demokrasi ini,” tambahnya.

Dengan memastikan kesiapan dan kompetensi SDM PKD di Pulau Pekajang, Bawaslu Lingga optimis dapat menjaga integritas dan keberlangsungan pemilu yang adil dan bersih di wilayah tersebut.

“Selalu kami monitoring bersama anggota yang lain untuk mengawasi pelaksanaan kampanye, hingga menjelang pelaksanaan pemilu mendatang, guna mencegah terjadinya kecurangan pelaksanaan pesta demokrasi ini,” tutupnya.

Demikian disampaikan Fidya Asrina dalam upaya menjaga demokrasi dan memberikan keyakinan kepada masyarakat terkait penyelenggaraan pemilu yang transparan dan bebas dari berbagai bentuk kecurangan. (Yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *