Polri Apps

Bawaslu Lingga Siap Kawal Tahapan Kampanye, ASN Dapat Atensi Khusus

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kepri, mengenai penyelesaian sengketa proses masa kampanye.

Lingga, Owntalk.co.id – Bawaslu Lingga berkomitmen mencegah terjadinya tindak kecurangan dan permasalahan dalam tahapan kampanye menjelang pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Lingga Fidya Asrina, didampingi staf Bawaslu Lingga, menghadiri kegiatan yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kepri, mengenai penyelesaian sengketa proses masa kampanye.

Dalam kegiatan tersebut, ada beberapa hal yg menjadi fokus pembahasan yaitu, persiapan penyelesaian sengketa antar peserta (PSAP) yang berpotensi terjadi pada masa kampanye yang sudah mulai sejak tanggal (28/11) lalu hingga (10/02/2024) nantinya.

Selanjutnya, pada kegiatan itu juga di paparkan soal pengawasan tahapan kampanye dan peran pemerintah daerah soal netralitas ASN.

Untuk diketahui, pada pelaksanaan pemilu tahun 2019 lalu, di wilayah Kabupaten Lingga terdapat sebanyak 2 kasus penanganan netralitas ASN.

“Pada tahun 2019 lalu, di Kab. Lingga dari Bawaslu sendiri mendapati 2 kasus permasalahan netralitas ASN,” Kata Ketua Bawaslu Lingga, Fidya Asrina, Jum’at (01/12/2023).

Lebih lanjut, Fidya mengatakan atensi Bawaslu Kab. Lingga dalam tahapan kampanye yakni memastikan bahwa, peserta pemilu melaksanakan kampanye sesuai dengan aturan main sesuai yg ditetapkan KPU.

“Sesuai peraturan KPU No 15 th 2023 dan PKPU No 20 th 2023, tidak melakukan hal-hal yg dilarang sesuai UU pemilu no 7 th 2017 pasal 280 ayat 1 dan 2,” tegasnya.

Menurutnya, Bawaslu Lingga hingga saat ini terus berkomitmen untuk mengantisipasi terjadi tindak kecurangan dalam aturan main kampanye.

“Dengan melakukan pencegahan terhadap potensi-potensi kerawanan seperti Netralitas ASN,TNI/ Polri, pidana politik uang,” tuturnya.

Ketua Bawaslu menghimbau, agar pelaksanaan kampanye menjelang tahapan pemilu nantinya berlangsung kondusif, aman dan damai.

“Kami pihak Bawaslu Lingga,menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat, penyelenggara pemilu, peserta pemilu dan Seluruh stakeholder, untuk saling menjaga kondusifitas di wilayah Kab. Lingga ini, agar terwujudnya kampanya damai dan sejuk pada pelaksanaan pemilu 2024 nanti,” tutupnya. (Yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *