Polri Apps

Peresmian Kampung Bahari Nusantara TNI-AL TA 2023 Lanal Tanjung Balai Karimun

#image_title

Karimun, Owntalk.co.id – Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun Letkol Laut (P) Anro Casanova, S.E., diwakili oleh Palaksa Lanal TBK Mayor Laut (H) P. Panjaitan, S.H.,M.Han, menghadiri kegiatan peresmian secara serentak Kampung Bahari Nusantara.

melalu Video Confrence dengan Bapak Kasal yang diwakili oleh Aspotmar Kasal Mayor Jenderal (Mar) Markos, S.E., mengambil tema “Kampung Bahari Nusantara TNI Angkatan Laut Siap Mendukung Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Masyarakat Maritim yang Sejahtera”.

Pelaksanaan video Confrence peresmian Kampung Bahari Nusantara Lanal TBK dilaksanakan di Pantai Tg. Ambat Kelurahan Lubuk Puding, Kecamatan Buru Kabupaten Karimun Kepri, yang merupakan Desa binaan Lanal TBK. Senin 4/12/2023.

Dalam sambutannya Aspotmar Kasal membacakan Amanat Bapak Kasal Laksamana TNI Dr.Muhammad Ali, S.E.,M.M.,M.Tr. Opsla.
Sebagai negara kepulauan terbesar di Dunia, Indonesia memiliki sumber daya alam maritim yang sangat berlimpah. Sumber daya alam tersebut harus dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia, terutama masyarakat pesisir.

“Cita-cita Poros Maritim Dunia harus didukung dan diwujudkan dalam semua bidang. Kehidupan pembangunan masyarakat pesisir dan kepulauan harus menjadi perhatian kita semua,” sebutnya.

Muhammad Ali melanjutkan, program Kampung Bahari Nusantara TNI Angkatan Laut merupakan wadah untuk pembinaan wilayah pesisir, agenda ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan ekonomi, kesehatan dan edukasi bagi masyarakat pesisir.

“Ini merupakan bentuk implementasi dari Bintahwilmar guna mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh serta kemenunggalan TNI dengan rakyat dalam mendukung sistem pertahanan Semesta,” ujarnya.

Muhammad Ali mengungkapkan, peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat pesisir melalui program Kampung Bahari Nusantara merupakan salah satu langkah untuk mendukung pencapaian beberapa program prioritas Nasional tahun 2023.

“Beberapa program prioritas tersebut antara lain memperkuat ketahanan ekonomi yang berkeadilan meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing serta memperkuat stabilitas politik hukum pertahanan dan keamanan, hal tersebut selaras dengan tema kegiatan kita yaitu Kampung Bahari Nusantara TNI Angkatan Laut siap mendukung transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju masyarakat maritim yang sejahtera,” ungkapnya.

Muhammad Ali menyebutkan, objek pembinaan dari program Kampung Bahari Nusantara meliputi lima bidang kegiatan yaitu :
Pertama bidang Edukasi, dilaksanakan dengan kegiatan edukasi non formal difasilitasi dengan buku-buku bacaan dan komputer atau laptop yang dapat digunakan untuk mengakses buku bacaan melalui internet.

“Bdang Ekonomi, dilaksanakan untuk pembinaan masyarakat dengan membentuk kelompok usaha bersama kelompok usaha nelayan, kelompok usaha koperasi dan kelompok usaha tani, bidang Kesehatan, dilaksanakan kerjasama dengan instansi kesehatan daerah setempat dalam usaha untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat,” sebutnya.

“Bidang Pariwisata, dilaksanakan dengan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat pesisir tentang komoditas pariwisata, bidang Pertahanan, dengan meningkatkan kesadaran bela negara sebagai upaya membangun karakter bangsa penguatan wawasan kebangsaan melaksanakan pembinaan sosial budaya sesuai kearifan lokal serta menumbuhkan kemampuan daya tangkal masyarakat terhadap ancaman yang mengganggu kedaulatan dan keutuhan Negara,” tambahnya.

Muhammad Ali menjelaskan, sejak tahun 2021 TNI Angkatan Laut telah membangun di 81 Kampung Bahari Nusantara yang tersebar di seluruh wilayah pesisir Indonesia.

“Pada tahun 2013 ini, TNI Angkatan Laut telah membangun di 69 Kampung Bahari Nusantara baru dan TNI Angkatan Laut akan tetap melanjutkan program ini di tahun tahun,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan Video Confrence dg Bapak Aspotmar , Palaksa Lanal TBK Mayor Laut (H) P. Panjaitan,S.H.,M.Han., Ibu ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV DJA I Ny. Julie Andro Casanova Dankal Pelawan Kapten Laut (P) Juli Prasongko, Paspotmar Lettu Laut (S) Muhammad Arief, Para pengurus Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV DJA I, Perwira Staf Lanal TBK. (koko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *