Polri Apps

Medco Power Indonesia dan PLN Batam Berkolaborasi untuk Peningkatan Kapasitas Energi di Batam

Kegiatan ground breakingkonstruksi Add-On Combined Cycle Power Plant di PLTU Tanjung Uncang, Batam. (Foto:Dok/PLN Batam)

Batam, Owntalk.co.id – PT Medco Power Indonesia, melalui anak perusahaannya PT Energi Listrik Batam (ELB), menjalin kerja sama dengan PT PLN Batam dalam acara seremoni groundbreaking konstruksi Add-On Combined Cycle Power Plant di Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Tanjung Uncang, Batam.

Kerja sama ini mencerminkan komitmen PT PLN Batam dalam meningkatkan penggunaan energi yang efisien dan ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah Batam.

PT ELB, sebagai mitra Independent Power Producer PT PLN Batam, akan meningkatkan kapasitas PLTGU Tanjung Uncang dengan menambahkan daya sebesar 2 x 35 Megawatt (MW) dari Simple Cycle Power Plant (SCPP) dan 39 MW dari Combined Cycle Power Plant (CCPP).

Penambahan kapasitas ini diharapkan dapat memperkuat pasokan listrik Batam serta mencapai efisiensi yang optimal bagi kedua perusahaan.

Proyek ini akan mengubah PLTG Simple Cycle Power Plant (SCPP) yang saat ini berkapasitas 70 MW menjadi Combined Cycle Power Plant (CCPP), meningkatkan total kapasitas menjadi 109 MW.

M. Priharto Dwinugroho, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, menyatakan bahwa pembangunan Combined Cycle Power Plant sesuai dengan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN Batam tahun 2023–2032.

“Kami mengharapkan percepatan pembangunan ELB Add-On CCPP untuk meningkatkan pasokan listrik yang andal, memperbaiki sistem penyediaan tenaga listrik di Batam, dan mendukung pertumbuhan investasi di sektor industri dan bisnis di Batam,” harap Priharto.

Suwarno, EVP Operasi Pembangkitan dan IPP PT PLN (Persero), menyampaikan bahwa penambahan daya PLTGU memiliki tiga keuntungan, yaitu kenaikan daya mampu, penurunan Biaya Pokok Pembangkitan (BPP), dan pengurangan emisi CO2.

“Proyek ini akan membantu meningkatkan sistem kelistrikan Batam Bintan dan mengantisipasi pasokan intermittent dari pembangkit energi terbarukan. Kami berharap kolaborasi antara PLN, Medco Power, PLN Batam, dan ELB terus berjalan harmonis,” ungkap Suwarno.

Direktur Utama Medco Power, Eka Satria, menyampaikan selamat dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proyek ini.

“Proyek Add-On CCPP ini adalah bukti komitmen berkelanjutan dari Medco Power dalam menyediakan pasokan energi bersih untuk sistem jaringan Batam-Bintan, serta mendukung program Pemerintah mencapai komitmen Net Zero Emission pada tahun 2060,” pungkas Eka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *