Polri Apps
banner 728x90

PT INTI Kolaborasi dengan Sberbank of Rusia Dalam Digitalisasi Indonesia

Momen usai penandatanganan MOU terkait kerja sama PT INTI dan Sberbank di Jakarta pada Kamis (2/11/2023). (Dok. PT INTI)

Jakarta, Owntalk.co.id – PT INTI (Persero) menjalin kemitraan strategis untuk memajukan upaya digitalisasi di Indonesia dengan Sberbank of Russia, perusahaan terbesar di Federasi Rusia yang dimiliki oleh Kementerian Keuangan Rusia.

Mochamad Hadiyana, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, menyatakan dukungan penuh terhadap kerjasama ini.

“Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung kerja sama PT INTI dengan Sberbank, dan sangat eiger untuk menjadi witness dari keberhasilan partnership ini,” kata Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Mochamad Hadiyana, dalam keterangannya di Jakarta, seperti dikutip pada Sabtu (4/11/2023).

Hadiyana, bersama dengan sejumlah pejabat lainnya, memberikan arahan langsung untuk mendukung inisiatif ini. Mereka termasuk Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bonifasius Pudjianto, serta Staf Ahli Wakil Menteri Bidang Kapabilitas Birokrasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dewi Ratih Kamiliah.

Bonifasius Pudjianto menekankan pentingnya memiliki kerangka hukum yang komprehensif dalam mendukung upaya digitalisasi nasional. Ini diperlukan untuk melindungi data, terutama data pribadi, dan konten-konten yang tidak relevan dalam pengembangan aplikasi yang ditujukan untuk masyarakat dan pemerintah.

“Dan, hal yang paling krusial dalam pengembangan aplikasi untuk umum dan e-Government adalah proteksi data dan konten dari unnecessary information,” katanya.

Dewi Ratih Kamiliah, Staf Ahli Wakil Menteri Bidang Kapabilitas Birokrasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, menyoroti kewajiban setiap perusahaan asing yang ingin berbisnis di Indonesia untuk berkolaborasi dengan perusahaan nasional dan berbagi teknologi.

Ia menggarisbawahi peran penting PT INTI (Persero) sebagai produsen utama dalam sektor teknologi nasional.

Edi Witjara, Direktur Utama PT INTI (Persero), menekankan bahwa kolaborasi ini akan difokuskan pada ekspansi digitalisasi di berbagai sektor industri, termasuk layanan keuangan, keamanan, perangkat pintar untuk pengguna akhir, layanan kesehatan, pendidikan, pariwisata, olahraga, dan hiburan di Indonesia.

Kemitraan antara PT INTI dan Sberbank of Russia telah dimulai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MOU) terkait Digitalisasi Indonesia pada 2 November 2023. Keduanya akan menjalani tahapan uji konsep sebelum mengimplementasikannya di instansi pemerintah dan masyarakat.

Edi Witjara menyatakan bahwa kolaborasi strategis ini akan menjadi kontribusi positif dalam mendorong digitalisasi di pasar yang ditargetkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *