Polri Apps
banner 728x90

Kapolres Meranti Ajak Semua Pihak Bersinergi Sukseskan Pemilu 2024

#image_title

Meranti, Owntalk.co.id – Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH mengajak semua pihak terkait untuk bersama-sama bersinergi menyukseskan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) serentak pada tahun 2024 mendatang.

Ajakan itu disampaikan Kapolres saat menghadiri sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif serta kesiapsiagaan pengawasan pemilu menyongsong satu tahun penyelenggaraan pemilu tahun 2024 sekaligus deklarasi damai pemilu tahun 2024 di Ballroom Hotel Grand Meranti, Selasa (14/2/2023).

Dikatakan Andi Yul, dalam hal Pemilu serentak tugas yang diemban Polri cukup berat. Selain Harkamtibmas, sesuai UU No. 2 Tahun 2002 tentang tugas pokok kepolisian juga melakukan pengamanan setiap tahapan pemilu dengan dibentuknya Gakkumdu untuk melakukan penyidikan yang dilaporkan kepada Polri melalui Bawaslu, Panwascam, dan PKD sesuai dengan UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Juga memberikan pelayanan, penerimaan, pemberitahuan kegiatan kampanye, dan atau pemberian izin kepada peserta Pemilu.

“Untuk itu, kami mengharapkan kerjasama dan sinegritas di setiap elemen, baik perangkat penyelenggara dan pengawas agar menjaga sikap netral serta kami dari pihak Kepolisian akan tetap menjaga komitmen netralitas sebagai aparat pengaman guna menyukseskan Pemilu 2024 yang kondusif,” kata Andi Yul.

Kapolres juga menegaskan kepada peserta pemilu agar menjaga harmonisasi walaupun beda pandangan partai dan pilihan, sehingga tidak terjadinya perpecahan maupun permusuhan agar terciptanya Pemilu sukses aman dan damai.

“Polres Kepulauan Meranti siap mengamankan jalannya Pemilu serentak tahun 2024 akan datang,” ungkapnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal juga mengharapkan peserta pemilu termasuk seluruh komponen di masyarakat agar bersama-sama mengawasi pelaksanaan pemilu tahun 2024.

“Kami dari Bawaslu mengharapkan agar bisa dapat memberikan masukan terhadap tugas Bawaslu kedepannya sehingga pelaksanaan pengawasan pemilu dapat berjalan dengan baik dan dapat sukses,” kata Syamsurizal.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Provinsi Riau, Amiruddin Sijaya menjelaskan, pengawasan Pemilu partisipatif bertujuan agar masyarakat dapat melakukan pengawasan selama tahapan Pemilu ke depan.

“Hal ini karena setiap masyarakat hanya memiliki satu hak pilih dan bebas untuk memilih pemimpin yang diinginkan. Bawaslu bertugas sebagai pengawas dan mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” jelas Amiruddin.

Bupati Kepulauan Meranti yang diwakili oleh Asisten III, Sudandri menyampaikan, pelaksanaan sosialisasi pengawasan pemilu parsitipatif serta kesiapsiagaan pengawasan pemilu menyongsong satu tahun penyelanggaraan pemilu tahun 2024 sekaligus deklarasi damai pemilu tahun 2024 ini menjadi titik awai untuk diiaksanakannyatahapan demi tahapan dalam Pemilu 2024.

“Maka saya minta kepada saudara-saudari semua untuk menyiapkan kesehatan fisik maupun mental, mengingat pelaksanaan tahapan demi tahapan akan sangat menguras tenaga, baik fisik maupun mental,” ujarnya.

Kegiatan juga diisi dengan pembacaan deklarasi Pemilu damai dan berintegritas tahun 2024, dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi bersama pada papan deklarasi.

Tampak hadir, Ketua KPUD Meranti Abu Hamid, Kajari Meranti diwakili oleh Kasi Pidum Okky Fathoni, Danramil Tebingtinggi yang diwakili oleh Lettu (Inf) Ucok, Ketua PCNU Meranti Ramlan Abdullah, Ketua GP Ansor Meranti Shodiq, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat serta Pimpinan Partai Politik. (*/koko).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *