Polri Apps
banner 728x90

Miris! Siswa SD Belajar Tanpa Meja dan Kursi di Batam

Batam, Owntalk.co.id – Pemandangan miris terjadi di Sekolah Dasar (SD) 004, Kecamatan Lubuk Baja – Kota Batam. Pasalnya, sejak dua tahun lamanya, siswa belajar tanpa menggunakan meja dan kursi.

Proses pembelajaran yang standar pada umumnya tentu memakai fasilitas meja dan kursi, dan ruangan yang nyaman bagi para peserta pendidik. Namun kondisi tersebut berbanding terbalik dengan kondisi puluhan murid di SDN 004 tersebut.

Temuan Kantor Berita Owntalk dilokasi, kelas VI A dan kelas VI B merupakan kelas yang tak memiliki meja dan kursi.
Saat ini mereka sedang melaksanakan ujian tengah semester (Mid).

Saat mengisi soal ujian tengah semester, para siswa harus membungkuk mengisi soal-soal ujian. Kaki mereka pun harus ditekuk terus menerus.

Ternyata, kondisi belajar mengajar di lantai tanpa meja dan kursi ini sudah terjadi sejak tahun 2020 silam semenjak Covid-19.

“Keadaan seperti ini sudah berlangsung sejak tahun 2020 lalu, saat Covid-19,” kata Waka Kurikulum SDN 04 Tanjung Uma, Diah Ayu kepada satukata.id, Rabu 21 September 2022.

Pihak sekolah menyebut telah mengusulkan bantuan meja dan kursi belajar ke Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Selain itu juga, pihak sekolah telah mendaftarkan ke sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk pengajuan meja dan kursi.

“Bulan ini kami sudah usulkan ke BPKP. Dan kami juga selalu bilang ke dinas pendidikan, tapi mereka (Disdik) katanya belum ada budget (biaya) “, kata Diah.

Sebelumnya, tahun 2020 sekolah SDN 04 Tanjung Uma baru saja selesai melakukan revitalisasi gedung sekolah. Kata dia, untuk kelas VI, ada tiga kelas dan dibagi dalam 2 shift, pagi dan sore.

“Satu kelas ada sekitar 45 siswa, dan dibagi dalam 2 shift. Disini memang banyak warga Tanjung Uma yang mensekolahkan anaknya disini,” ujarnya.