Polri Apps
banner 728x90

Ansar Ajak Masyarakat Bergerak  Untuk  Wujudkan Kemerdekaan Belajar

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad pimpin upacara Hardiknas 2022 di lapangan SP Plaza Batu Aji. Jumat, (13/5)

Batam, Owntalk.co.id – Gubernur Kepri Ansar Ahmad bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2022, di Lapangan SP Plaza Batu Aji Kota Batam, Jum’at (13/5).

Hardiknas kali ini mengusung tema ‘Pimpin Pemulihan Bergerak Untuk Merdeka Belajar’.  Hardiknas Tingkat Provinsi Kepri juga diisi dengan berbagai acara seperti penyerahan piagam penghargaan bagi siswa beprestasi baik tingkat internasional maupun  nasional.

Juga ada penyerahan penghargaan Purna Bhakti bagi pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru, kemudian penyerahan bantuan trasportasi laut bagi siswa – siswi  di tujuh  kabupaten / kota se – Kepri serta  penyerahan SK P3K  bagi tenaga pendidik yang masing – masing dilakukan secara simbolis oleh beberapa perwakilan.

Dalam amanahnya Gubernur Ansar memulai dengan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H seraya menyampaikan   ucapan mohon maaf lahir dan bathin kepada segenap peserta upacara yang hadir atas salah dan kilaf yang kita lalukan.

Menurut Gubernur Ansar,  dua tahun lebih Kepri  menghadapi bermacam tantangan dan hantaman berupa ombak yang luar biasa yang bernama  pandemi covid 19. Meski begitu, ditengah hantaman ombak yang sangat besar ini, akhirnta secara perlahan bisa kembali bangkit, dan bahkan berhasil melautkan kapal besar bernama merdeka belajar.

“Almahdulillah ditahun ketiga program merdeka belajar, kurikulum yang awalnya diperuntukan guna membantu para guru dan murid di masa pandemi,  kini telah mengarungi berbagai pulau  dan telah diterapkan dilebih dari 140.000 satuan pendidikan yang ada di Indonesia,  ” jelasnya.

Secara tidak langsung sambung Ansar, berarti ratusan ribu anak Indonesia sudah  menikmati program belajar yang lebih menyenangkan dan memerdekakan. Lebih dari itu, anak anak sekarang juga tidak perlu khwatir dengan tes kelulusan. Mengingat asesmen nasional yang sekarang digunakan, tidak bertujuan menghukum baik guru ataupun murid.

Tapi justru sebagai bahan refleksi, agar guru terus terdorong untuk belajar, kepala seklolah terus termotovasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan terbebas dari tiga dosa besar pendidikan.

Semua perbuahan positif tersebut, telah dirasakan masyarakat, tidak hanya orang tua guru dan murid semata, tetapi program ini juga telah digaungkan sampai ke negara negara lain melalui Presidensi Indonesia di Konfrensi Tingkat Tinggi yakni negara yang tegabung dalam (G20).

“Langkah kita hari ini sudah makin serentak, laju kitapun telah semakin cepat. Namun kita belum digaris akhir, maka tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Meski kedepan masih ada angin kencang dan ombak, tapi kita harus terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak bersama untuk merdeka bejalar, ” tutup Gubernur Ansar.

Bertindak sebagai Komandan  Upacara  Kasdianto yang juga Kepala Sekolah SMAN 21 Batam, Sementara peserta upacara adalah  perwakilan guru siswa siswi dari seluruh SMA / SMK di Kota Batam dengan kurang lebih 5000 peserta upacara. Acara juga diisi dengan berbagai penampilan, atraksi dan juga live music dari siswa siswi SMA/SMK se Kepri.

Hadir juga pada kesempatan tersebut  Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Danrem 034/WP Brigjen TNI Jimmy Ramos Manalu, Kabinda Kepri Brigjen Pol Riza Celvian Gumay, Kapala Zona Kamla Maritim Barat Laksma TNI Hadi Pranoto, Danlanud RHF Kol Pnb A Doni P dan hadirin undangan lainnya. ( fik)