Polri Apps
banner 728x90

Ranking Timnas Basket Putri Indonesia Naik 13 Tingkat di Kejuaraan Asia

Imbas penampilan apik di kejuaraan Asia
Salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan adalah penampilan apik mereka di kompetisi FIBA Women’s Cup Asia Division B (Piala FIBA Asia 2021 Divisi B) yang diselenggarakan November 2021 lalu.

Bermain di Amman, Yordania, timnas Indonesia berhasil meraih juara 3 usai menutup penampilan dengan menekuk Kazakhstan lewat skor 79-55 dalam laga perebutan tempat ketiga.

Pertemuan ini rasanya cukup menarik mengingat Indonesia mengawali penampilan di fase grup melawan Kazakhstan. Para srikandi Indonesia mampu memperlihatkan perkembangan dengan meraih marjin yang lebih besar dibandingkan skor 79-69 dalam pertemuan pertama.

Selain itu, timnas Indonesia juga membuat kejuatan dengan mengalahkan Iran di fase grup lewat pertarungan sengit dengan skor 76-68. Mereka hanya kalah dari Lebanon 62-76 dalam perebutan tempat di final.

Terlepas apapun pencapaiannya, Kompetisi ini cukup membantu peningkatan poin ranking para kontestannya. Dalam periode tersebut, Indonesia tercatat jadi negara ketiga yang memiliki peningkatan ranking terbanyak dengan naik 13 peringkat.

Salah satu pemain kunci timnas Indonesia di kejuaraan tersebut adalah Kim Pierre-Louis. Pemain naturalisasi dari Kanada tersebut mampu menjaring 96 poin. Angka tersebut menjadikannya yang terbanyak sepanjang kompetisi, sekaligus mencatat rataan poin pertandingan (PPG) sebanyak 19.2 (terbanyak ke-3).

Tidak hanya itu, performa positifnya terbukti kala ia terpilih menjadi salah satu dari 6 kandidat peraih MVP of the FIBA Women’s Asia Cup Division B yang ditentukan lewat voting penonton.

Piala FIBA Asia Divisi B menjadi debutnya di timnas Indonesia. Sebelumnya, Kim juga pernah diusahakan agar bisa bergabung dengan skuad SEA Games yang diselenggarakan di Filipina 2019 lalu, hanya saja rencana tersebut gagal karena proses administrasi belum rampung.

Kim mengungkapkan bahwa kesuksesan timnas Indonesia hingga ke semifinal dan merebut juara 3 berkat andil besar dari pelatih baru mereka, Chi-Wen Lin, yang berasal dari Taiwan.

“Kami berada di tangan pelatih yang baik dan percaya dengan apa yang kami lakukan. Dia orang yang tenang, percaya pada pemain, tidak pernah meremehkan pemain, dan selalu berpikir positif dengan yang kami lakukan,” ujarnya menukil fiba.basketball.

Halaman selanjutnya….

Penulis: GNFIEditor: Arini