Polri Apps
banner 728x90

Dirjen Pothan Kemhan buka Diklatnas Bela Negara, Diikuti 12.000 Anggota Senkom

Batam, Owntalk.co.id – Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha membuka pendidikan dan latihan Bela Negara 12.000 anggota Sentra Komunikasi (Senkom) di Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Senkom Mitra Polri Sawangan, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/12/2021).

Acara yang diselenggarakan secara hybrid ini diikuti 300 peserta luring di Pusdiklat. Sedangkan sisanya, sebanyak 11.700 anggota mengikuti pelatihan secara daring melalui SDC dan zoom di daerahnya masing-masing yakni, di 34 provinsi dan 430 Kabupten/kota.

Dalam kesempatan itu, Dadang mengaku kagum sekaligus mengapresiasi keikutsertaan ribuan anggota Senkom dalam program Bela Negara. Menurut Dadang, Bela negara merupakan hak dan kewajiban konstitusional bagi setiap warga negara Indonesia. ”Saya berharap organisasi lain bisa mencontoh Senkom untuk ikut melakukan Diklat Belanegara.

Usai pembukaan dan pemaparan materi dari Dirjen Pothan Kemhan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan Senkom. Termasuk dengan dengan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi.

“Sekarang ini, ancaman negara tidak hanya perang secara kasat mata saja. Melainkan, juga ideologi yang membahayakan generasi Bangsa Indonesia,” terang Ketua Senkom Kota Batam, Edi Sutarto disela kegiatan yang digelar Aula Serba Guna Komplek Masjid Miftahul Huda, Bengkong, Kota Batam, dalam kesempatan itu turut hadir Kepala Kesbangpol Batam, Binmas Polda Kepri, Binmas Polresta Barelang, Kapolsek Bekong dan Tokoh masyarakat yang lain.

Terpisah, Di wilayah Kota Batam, Sekretaris Senkom, H. Munawar menyampaikan, kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta anggota Senkom perwakilan dari seluruh Kecamatan yang ada di Batam.

Kegiatan tersebut, di isi dengan motivasi untuk menumbuhkan kedisiplinan dan cinta negara. Dengan begitu, anggota Senkom tidak mudah terhasut dengan paham-paham radikalisme maupun isu hoaks yang sengaja dihembuskan oleh pihak tak bertanggung jawab.

“Saat ini, banyak isu provokatif dan berita hoaks untuk memecah belah NKRI. Dengan begitu, jangan sampai hal itu terjadi pada Bangsa Indonesia. Setidaknya, anggota Senkom bisa mengetahui dan tidak mudah terhasut,” katanya.

Sementara itu, H. Yasser, Wakil Ketua Senkom Batam, mengatakan, pihaknya senantiasa bersinergi dengan pihak terkait untuk menjaga Kamtibmas di wilayah Kota Batam.

“Output dari kegiatan ini, tentunya anggota Senkom Kota Batam senantiasa mencintai Bangsa dan Negara Indonesia. Sehingga, mampu menjaga Kamtibmas di Kota Batam,” katanya.

Pihaknya berharap, anggota Senkom Kota Batam mampu memberikan yang terbaik untuk Bangsa Indonesia.

Penulis: HMU Editor: Anwar Anas