Mahasiswa Unrika Bantu Usaha Rumahan Untuk Berkembang

  • Bagikan

Batam, Owntalk.co.id – Ditengah kondisi pandemi covid 19 yang belum juga selesai, para pelaku usaha rumahan banyak yang mengeluhkan tentang pendapatan mereka yang turun drastis.

Ditambah lagi pembatasan sosial yang diberlakukan pemerintah beberapa waktu lalu, tak hanya mempengaruhi omset yang menurun, namun juga berpengaruh kepada psikologi para pelaku usaha.

Hal itulah yang diserap oleh Mahasiswa Unrika Kelompok 11A saat melakukan survei kepada para pelaku usaha yang ada di kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Aji.

Survei itu digelar oleh para mahasiswa dalam rangka pengabdian masyarakat untuk turut serta memberikan solusi kepada para pelaku usaha.

Salahsatu contoh, Home Industri Laila Puji Lestari yang berada di Perumahan Taman Lestari Blok D 29 No 12 RT 07 / RW 13.

Usaha rumahan itu telah memproduksi Tempe sejak tahun 2007, namun karena kondisi perekonomian yang melandai, dia mengaku banyak kehilangan orderan di pasar.

Baca juga :

“Apalagi daya beli masyarakat yang menurun, Ini mempengaruhi jumlah produksi kita,” kata Puji pemilik usaha itu.

Puji menyebut, kedatangan kelompok mahasiswa itu sangat diharapkan oleh dirinya. Selain berharap mendapatkan dukungan usaha, dia pun ingin ada pencerahan mengenai strategi pemasaran.

Sementara itu, Mahasiswa Unrika Kelompok 11A yang diketuai Nico Purba menyebut kedatangan mereka ke lokasi usaha rumahan itu untuk memberikan dukungan dan mencarikan cara baru untuk metoda pemasaran.

“Karena pemasaran ini-kan juga merupakan ujung tombak berjalan atau tidaknya usaha,” kata Nico

Untuk sementara waktu, Kelompok 11A membuatkan desain label pada setiap tempe yang diproduksi Laila Puji Lestari. Selain itu, mereka juga meminta agar pemilik usaha aktif mempromosikan tempe produksinya di setiap aplikasi-aplikasi digital.

“Kami juga menyarankan kepada pak Puji untuk memanfaatkan digitalisasi semaksimal mungkin, karena dapat menjaring konsumen seluas-luasnya. dan ini biaya nya murah,” kata Nico.

Untuk diketahui, Home Industri Laila Puji Lestari merupakan usaha rumahan yang memproduksi tempe untuk disuplai ke masyarakat Batam sejak tahun 2007.

Usaha ini awalnya sanga berkembang, dalam perhari Puji sebagai pemilik usaha dapat mengumpulkan pundi-pundi rupiah sediktinya 400 sd 500 ribu perhari. Namun belakangan Puji mengaku usahanya sangat terdampak pada kondisi covid 19.

Dia juga berharap pemerintah terus memberikan perhatian terhadap pelaku usaha kecil menengah di kota Batam. (ril)

  • Bagikan