Pleno Penetapan DPT Desa Walangsawa, Begini Kata Ketua Pilkades Desa Walangsawa 2021

  • Bagikan
Berita Terkini Batam

Oleh : Rusli Bojes

Pemilihan kepala desa serentak di kabupaten Lembata, provinsi Nusa Tenggara Timur  akan diikuti oleh 144 desa salah satu diantaranya adalah desa Walangsawa, kecamatan Omesuri. Sebagaimana kita ketahui bahwa pemilihan kepala desa merupakan perwujudan demokrasi desa dalam rangka menentukan kepemimpinan desa yang berkualitas. Pemilihan kepala desa menjadi satu agenda penting dari sekian banyak agenda di desa walangsawa yang melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif sebagai wujud sikap komitmen dalam menentukan “siapa” yang layak dan dipercayakan untuk mengemban estafet kepemimpinan selanjutnya dalam rentang waktu lima tahun kedepan.

Sejak pembentukan panitia pemilihan kepala desa dan panitia pengawas di desa Walangsawa yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2021 sampai degan tanggal 07 Agustus 2021 maka segala macam bentuk kegiatan yang berhubungan dengan pemilihan kepala desa Walangsawa dihandle dan diambil alih langsung oleh panitia pemilihan berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang ditetapkan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BDP) desa Walangsawa tahun 2021.

Rentetan agenda dan jadwal kerja kepanitian dari awal hingga pada pemutakhiran Daftar Pemilih Sementara (DPS) desa Walangsawa pada tanggal 14 Agustus 2021 sampai pada tanggal 28 Agustus 2021 membuktikan bahwa panitia telah menujukan langka kerja yang positif dan tata kelola yang baik yang secara kolektif kolegial demi mewujudkan kesuksesan agenda akbar tersebut. Kerja keras kepanitian tersebut telah mencapi titik presentasi 65 persen sebelum memasuki puncak kegiatan. Bahwa kita sebagai panitia telah diberikan amanah oleh elemen masyarakat dan hal ini merupakan tanggungjawab moril. “pantang pulang sebelum sukses sebab muda adalah kekuatan” menjadi jargon kepanitian. Sebab, itu merupakan bentuk dedikasi dan kontribusi kita dalam berdesa dan kita sebagai panitia menginginkan kegiatan tersebut berjalan efektif sesuai dengan scedule yang ada sehingga nilai demokratis dalam pemilihan kepala desa Walangsawa secara langsung dirasakan oleh masyarakat, tandas ketua panitia pemilihan kepala desa Walangsawa yang akrab di sapa Mat Bili.

Elemen masyarakat dan pemerintah desa Walangsawa, kecamatan Omesuri, kabupaten Lembata, turut andil dan mendukung dalam kerja-kerja panitia pada saat pembentukan sampai pada agenda pemutakhiran data pemilih sementara. Agenda pemutakhiran data pemilih sementara di desa Walangsawa yang dilaksanakan kurang lebih selama 2 (dua) minggu tersebut, ;langkah dan gebrakan panitia yang terjun langsung dari rumah kerumah dengan tujuan untuk bisa memastikan bahwa pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih sementara (DPS) benar-benar warga desa Walangsawa yang memiki hak untuk mengikuti pemilihan kepala desa November 2021 mendatang. Hal ini dilakukan untuk memudahkan panitia dalam proses validasi data daftar pemilih sementara tersebut untuk ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Rapat pleno penetapan DPT desa Walangsawa yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 11 November 2021 bertempat di kantor desa Walangsawa, kecamatan Omesuri, kabupaten Lembata, dihadiri langsung oleh panitia kecamatan, Kepala Desa Walangsawa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Walangsawa, panitia pengawas pemilihan Kepala Desa Walangsawa, Panitia Pemilihan Kepala Desa Walangsawa, dan perwakilan setiap Kepala Dusun 1 (satu), 2 (dua) dan Kepala Dusun 3 (tiga).

Rapat pleno tersebut menetapkan bahwa jumlah DPT di desa Walangsawa dengan total pemilih sebanyak 605 Jiwa. hasil ini dapat diklasifikasikan dengan total pemilih yang bersumber dari daftar pemilih sementara (DPS) yang berjenis kelamin laki-laki sebanyak 210 jiwa. sedangkan total daftar pemilih yang berjenis kelamin perempuan sebanyak 493. Selain itu untuk daftar pemilih baru dengan total sebanyak 48 jiwa yang berjenis kelamin laki-laki dan yang berjenis kelamin perempuan sebanyak 64 jiwa.

Sebaran daftar pemilih tetap tiap-tiap dusun dengan total daftar pemilih tetap dusun 1 (satu) sebanyak 128 degan total daftar pemilih yang berjenis kelamin laki-laki sebanyak 58 jiwa dan yang berjenis kelamin perempuan sebanyak 70 jiwa. sedangkan untuk total daftar pemilih baru dusun 1 (satu) sebanyak 32 orang dengan jenis kelamin laki-laki sebanyak 17 jiwa dan 15 jiwa berjenis kelamin perempuan.  Selain itu sebaran daftar pemilih tetap untuk dusun 2 (dua) sebanyak 199 jiwa dengan total daftar pemilih yang berjenis kelamin laki-laki sebanyak 84 jiwa dan yang berjenis kelamin perempuan sebanyak 115 jiwa. sedangkan untuk sebaran data pemilih baru di dusun 2 (dua) sebanyak 38 jiwa dengan total pemilih yang berjenis kelamin laki-laki sebanyak 14 jiwa dan yang berjenis kelamin perempuan sebanyak 24 jiwa.

Sebaran daftar pemilih tetap di dusun 3 (tiga) sebanyak 166 jiwa dengan total daftar pemilih yang berjenis kelamin laki-laki sebanyak 68 jiwa dan yang berjenis kelamin perempuan sebanyak 98 jiwa. Sedangkan untuk sebaran daftar pemilih baru di dusun 3 (tiga) dengan total daftar pemilih sebanyak 68 jiwa yang berjenis kelamin laki-laki dan yang berjenis kelamin perempuan sebanyak 98 jiwa.

Dari total sebaran daftar pemilih tiap-tiap dusun di Desa Walangsawa merepresentasikan bahwa kepanitian sejauh ini telah bekerja dengan sungguh-sungguh untuk memberikan yang terbaik kepada pemerintah desa. Oleh karena itu puncak agenda akbar tersebut memberikan peluang masyarakat untuk berkompetisi secara sehat. Sehingga ajakan terutama pada generasi atau sarjana muda “untuk menentukan arah baru pembangunan Desa”.Pemuda Desa, Tunjukan Pesonamu”, tutup ketua Panitia Pilkades Desa Walangsawa.

  • Bagikan