Jelang Muscab PKB, Ini Sikap Forum MWC NU Se Kota Batam

  • Bagikan

Batam, Owntalk.co.id – Menjelang digelarnya Musyawarah Cabang (Muscab) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Batam. Forum Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdatul Ulama (NU) Se Kota Batam menunjukkan sikapnya, Rabu (18/08/2021).

Dalam surat pernyataan sikap yang dikirim oleh PC NU kota Batam dengan tembusan PB NU dan diteruskan ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai PKB. NU meminta DPP dan DPW PKB mempertimbangkan masukan dari NU. Selain itu, ada point penting yang menyatakan untuk memberikan peluang kepada Kader NU agar dapat mengisi struktur di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC).

Dalam rilis yang diterima oleh Kantor Berita Owntalk.co.id. Ali Mubaidah S.Ag., menuturkan, berdasarkan pengamatan pihaknya. Posisi Partai PKB sebagai wadah saluran politik Nahdliyin sangatlah penting.

“Sebagaimana kita pahami bersama, PKB adalah satu-satunya partai yang lahir dari rahim NU dan benar-benar memiliki kultur NU. Untuk itu, sinergitas keduanya harus dibangun,” ungkapnya.

Lanjut Gus Ali, secara umum pihaknya memang tidak memahami problematika yang terjadi di internal PKB. Untuk menyikapi, hal tersebut pihaknya melakukan diskusi yang cukup intens segingga lahirlah poin-poin pernyataan sikap secara tertulis yang telah diajukan ke DPP.

“Kami meminta poin pernyataan sikap dari Forum MWC NU Se Kota Batam, bisa menjadi bahan pertimbangan dan ditindaklanjuti oleh pihak partai PKB yang memiliki wewenang dalam hal tersebut,” tuturnya.

Adapun poin pernyataan sikap yang disampaikan oleh Forum MWC NU Se Kota Batam diantaranya, pertama, menjelang Muscab DPC PKB Kota Batam. Kami berharap DPW PKB serta DPP sekiranya dapat mempertimbangkan masukan dari NU. Kedua, memberikan peluang kader NU serta seluruh Banom, untuk bisa mengabdi di PKB, mengisi struktur di DPC dan DPAC sehingga jarak yang terngangah selama ini dapat tersulam dengan baik. Sehingga langkah NU dan PKB semakin akseleratif dalam merangkul seluruh jam’iyah NU Se Kota Batam menjadi sebuah kekuatan besar.

Poin ketiga, Forum MWC NU Se Kota Batam akan mendukung penuh kader NU yang dipilih pengurus cabang (PC) NU kota Batam. Karena, PC NU tentu memiliki pertimbangan tersendiri mengenai kader yang diusulkan tersebut baik sikap, loyalitas dan dedikasinya selama berkhidmat untuk NU. Poin ke Empat, Forum MWC NU Se Kota Batam berharap warga Nahdliyin bisa dirangkul menjadi satu kekuatan yang besar dalam rangka menunjang dakwah ahlu sunah wal jamaan.

Point kelima, Forum MWC NU Se Kota Batam berharap DPW dan DPP PKB, dapat mendorong DPC untuk membuat kegiatan bersama secara rutin seperti, program pendidikan kader penggerak NU (PKPNU) disemua kecamatan. Dengan tujuan agar kader NU maupun PKB memiliki pemahaman yang komperhensif terkait Ahlu Sunah Wal Jamaah. Sehingga tidak ada dikotomi lagi antara keduanya, baik PKB maupun NU bisa berjalan saling beriringan. (Haykal)

  • Bagikan